detikhealth

Makan Bawang Bisa Bikin Bau Badan? Ini Kata Dokter

Suherni Sulaeman - detikHealth
Kamis, 24/08/2017 14:04 WIB
Makan Bawang Bisa Bikin Bau Badan? Ini Kata DokterBawang putih belum tentu penyebab bau badan seseorang. Foto: Thinkstock
Jakarta, Banyak orang yang percaya bahwa mengonsumsi bawang mentah atau makanan yang mengandung bawang bisa menyebabkan bau badan tak sedap.

Lantas jangan heran jika ada teman enggan mengonsumsi makanan yang mengandung bawang lantaran khawatir menimbulkan bau pada mulut maupun badan. Tapi, apakah bawang benar-benar bisa bikin bau badan?

"Semua rempah pasti akan menghasilkan bau tergantung badan manusia itu sendiri. Badan manusia kan berbeda-beda ya metabolismenya," kata dokter spesialis kulit dari RS Mayapada, dr Armansjah Dara Sjahrudin, SpKK, MKes, atau yang akrab disapa dr Dara usai Live Chat kemarin (23/8/2017) di detikcom, Gedung Trans TV lantai 9, Jl Kapten Tendean, Jakarta Selatan.

Baca juga: Benarkah Rempah-rempah Memicu Bau Badan? Simak Jawabannya di Sini

"Jadi saya tidak mengatakan bahwa ada orang tertentu, makan bawang putih menjadi bau atau tidak. Tetapi harus dilihat dari keseluruhan," sambung dr Dara.

Menurut dr Dara, apakah bawang atau makanan lain memicu bau ketiak ataupun bau badan tergantung pada kehigienisan orang tersebut. Bagaimana ia secara keseluruhan menjaga kesehatan dan kelembaban kulitnya.

"Untuk menjaga bau badan harus secara keseluruhan, mulai dari pola hidupnya, pola makannya dan sebagainya," pungkas dr Dara.

Baca juga: Bisakah Menghilangkan Bau Badan dengan Tawas?


(hrn/fds)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit