detikhealth

Konsultasi Seksologi

Artikel 18+

Selaput Dara Tidak Berdarah, Apakah Ini Normal Dok?

Jumat, 25/08/2017 18:09 WIB
Selaput Dara Tidak Berdarah, Apakah Ini Normal Dok?Mungkinkah selaput dara yang robek tidak mengeluarkan darah? Foto: ilustrasi/thinkstock
Selamat malam Dok, saya ingin menanyakan beberapa hal Dok terkait selaput dara. Saya menikah bulan Agustus 2016, saya belum pernah berhubungan seks dengan siapapun sebelumnya, pada saat berhubungan intim pertama kali saya tidak mengeluarkan darah sama sekali akan tetapi memang lubrikasinya banyak yang keluar. Saya pikir tadinya mungkin memang belum robek selaput daranya tetapi sampai sekarang ini tidak ada tanda-tanda darah yang keluar juga.

Adapun pada saat saya papsmear saya juga tidak mengeluarkan darah. Apakah ini normal Dok? Mengingat selama saya single sampai dengan menikah belum pernah berhubungan seks ataupun melakukan olahraga berat atau hal lainnya. Mohon pencerahan. Terimakasih.

A (Perempuan, 29 tahun)

Jawaban

Dari penjelasan Anda, agaknya Anda memiliki selaput dara (hymen) yang kenyal, tidak mudah koyak. Didukung pula oleh lubrikasi (pelendiran) vagina yang optimal. Hingga saat penetrasi penis ke dalam vagina, Mr P tidak mampu menimbulkan robekan, sayatan pada vagina.
Dengan demikian, dapat disimpulkan selaput dara (hymen) Anda tergolong normal.

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta.(hrn/fds)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit