detikhealth

Psikiater

Mengobati Trauma Naik Motor karena Pernah Kecelakaan

Senin, 28/08/2017 11:34 WIB
Mengobati Trauma Naik Motor karena Pernah KecelakaanIlustrasi wanita trauma naik motor/Foto: thinkstock
Dokter, saya pernah kecelakaan dan lumpuh. Saya pernah mencoba naik motor roda tiga tetapi selalu terbayang saat saya kecelakaan. Bagaimana ya Dok menghilangkan trauma naik motor?

Tere (Perempuan, 32 tahun)

Jawaban

Dear Mbak Tere yang baik,

Peristiwa yang bisa menyebabkan kematian seperti kecelakaan memang dapat membuat orang menjadi trauma terhadap hal tersebut. Setelah kejadian maka orang yang mengalami kecelakaan bisa mengalami gejala-gejala stres akut (segera) yang biasa dikenal dalam dunia psikiatri sebagai Reaksi Stres Akut.

Gejalanya seperti teringat dengan kejadian tersebut kembali, ada flashback, seperti mengalami kembali, mimpi buruk ditambah dengan meningkatknya gejala-gejala saraf otonom seperti jantung berdebar, sesak nafas dan gangguan lambung.

Dalam kurun waktu sebulan sejak peristiwa terjadi beberapa orang keluhannya berkurang sampai tidak ada lagi, namun beberapa di antara lainnya bisa berlanjung ke arah Gangguan Stres Pasca Trauma yang bisa berlangsung lebih lama dan mengganggu kehidupan orang tersebut.

Salah satu cara yang biasanya disarankan adalah dengan mencoba terapi psikologis dan juga bisa ditambahkan dengan pengobatan medis dari psikiater. Beberapa kasus bisa diperbaiki dengan cara desentisasi dengan bantuan psikolog/psikiater. Cara ini membuat pengalaman traumatik menjadi lebih dapat diadaptasi.

Ada juga dengan cara EMDR (Eye Movement Desensitization and Reprocessing) yang bisa dilakukan oleh terapi psikolog dan psikiater. Saya sarankan bisa menghubungi psikiater dan atau psikolog terdekat di kota Anda. Semoga bermanfaat.

Salam sehat jiwa.

dr Andri, SpKJ, FAPM
Psikiater, Psychosomatic Medicine Specialist
Klinik Psikosomatik Omni Hospitals Alam Sutera
(021)29779999
Twitter: @mbahndi
https://psikosomatik-omni.blogspot.com(hrn/fds)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit