detikhealth

Konsultasi Gizi

Mengatasi Banyak Makan Ketika Stres

Suherni Sulaeman - detikHealth
Selasa, 29/08/2017 09:35 WIB
Mengatasi Banyak Makan Ketika StresMengatasi makan banyak ketika stres/Foto: thinkstock
Jakarta, Bagaimana cara mengatasi banyak makan ketika stres? Saya selalu meluapkan masalah saya pada makanan. Saya sedih tapi setelah makan saya merasa baikan dan setelahnya saya merasa sedih lagi karena tahu yang saya konsumsi berlebihan. Terimakasih sebelumnya.

Sinta (23 tahun)

Jawaban

Hai Mbak Sinta,

Makanan memang mempunyai efek menenangkan maka dikenal istilah 'comfortable food'. Untuk mengatasinya,
- selalu siapkan air putih di meja kerja, di kamar, bawa botol minum kemanapun pergi. Begitu terasa ingin nyemil, maka minumlah dulu maka hasrat/nafsu nyemil akan berkurang
- menyiapkan snack individual portion size. Misalnya 1 kantong kripik, saat Mbak baca bagian info nutrisi di belakang bisa saja 1 kantong ternyata sama dengan 2 porsi. Maka sebaiknya Mbak buka, lalu pisahkan ke dalam 2 kantong terpisah. Dengan demikian Mbak tidak over-eating
- menyiapkan snack yang lebih sehat, seperti buah segar, oat bar, energy bar, yoghurt, susu UHT kotakan kecil. Untuk yang asin/savoury, bisa menyiapkan biskuit asin/keripik lalu di simpan dalam individual portion sizenya (cari yang dipanggang, bukan digoreng).

Mbak juga bisa melakukan mindful eating, seperti: setiap sebelum makan/nyemil, Mbak bisa tanyakan ke dalam hati apakah saya benar-benar merasa lapar? Apakah makanan ini benar-benar yang saya inginkan?

Lalu saat makan, berulang kali tanyakan dalam hati: Apakah saya sudah puas dengan makanan ini? Apakah saya sudah kenyang?

Karena setiap makanan dan minuman, tingkat kepuasan terhadap makanan itu akan menurun seiring terpenuhinya keinginan kita (apakah itu keinginan untuk makan karena lapar maupun efek psikologis). Dengan menerapkan pertanyaan-pertanyaan ini, Mbak bisa mengontrol dan mengetahui kapan Mba harus berhenti makan.

Semoga membantu.

Leona Victoria Djajadi MND
Master of Nutrition and Dietetics (Ahli Gizi) dari University of Sydney. Dengan minat khusus pada program diet untuk oncology, cardiology, diabetes, gastrointestinal and life modification program diets. Pengasuh Klinik Gizi Keluarga https://www.klinikgizi.info/. Follow twitter @Leona_victoria.

(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit