detikhealth

Artikel 18+

Ssstt.. Wanita Juga Mengalami Mimpi Basah Seperti Pria Lho

Suherni Sulaeman - detikHealth
Selasa, 29/08/2017 17:32 WIB
Ssstt.. Wanita Juga Mengalami Mimpi Basah Seperti Pria LhoFoto: thinkstock
Jakarta, Istilah mimpi basah biasanya identik oleh kaum pria. Namun faktanya, wanita juga bisa mengalami mimpi basah lho. Seperti apa ya mimpi basah pada wanita?

Seperti dikutip dari laman Times of India, mimpi basah dalam bahasa medis dikenal dengan istilah emisi nokturnal. Sama seperti apa yang terjadi pada laki-laki, wanita yang mengalami mimpi basah biasanya mengacu pada kondisi gairah seksual ketika tidur, sehingga menyebabkan vagina terasa basah.

Selama tahap tidur REM (rapid eye movement), aliran darah di daerah pelvis semakin meningkat. Hal ini menyebabkan ereksi pada pria dan pembasahan vagina pada wanita. Namun sayangnya, penelitian tentang mimpi basah pada wanita masih sulit dipelajari dibandingkan pria karena wanita tidak memiliki ekspresi gairah seksual.

Baca juga: Kapan Pria Berhenti Mimpi Basah?

Sementara itu, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Sex Research menemukan bahwa sekitar 85 persen wanita telah mengalami orgasme saat tidur pada usia 21 tahun. Walau begitu, mimpi basah pada kaum hawa tidak terbatas pada usia pubertas saja.

Menariknya, frekuensi mimpi basah pada wanita diketahui lebih sedikit ketimbang pria. Bahkan menurut penelitian, perempuan hanya mengalami beberapa kali mimpi basah dalam setahun.

Dijelaskan juga oleh pakar kesehatan seksual, dr Andri Wanananda MS, mimpi basah atau wet dreaming bisa saja terjadi pada perempuan, bila fantasi seksualnya yang diwujudkan dalam mimpi amat adekwat. Hingga persarafan parasimpatik tubuhnya memicu hormon endorphin.

"Pada laki-laki dikenal sebagai ejakulasi, pada wanita lubrikasi," ujar dr Andri kepada detikHealth.

Menurutnya, mimpi basah pada wanita adalah suatu kondisi yang normal yang biasa terjadi pada wanita usia muda. Akan tetapi jika amat mengganggu dan dalam frekuensi yang tidak wajar sebaiknya konsultasikan pada ahlinya atau seorang dokter.

"Ya, normal, biasa pada wanita usia muda," pungkas dr Andri.

Baca juga: Ketika Lelaki Sering Mengalami Mimpi Basah, Normalkah?

(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit