detikhealth

Artikel 18+

Asal Tahu Caranya, Orgasme Tak Sesulit yang Dibayangkan

Suherni Sulaeman - detikHealth
Kamis, 31/08/2017 08:37 WIB
Asal Tahu Caranya, Orgasme Tak Sesulit yang DibayangkanAsal tahu caranya, orgasme mudah dicapai kedua pasangan/Foto: Thinkstock
Jakarta, Tak mudah mencapai orgasme, sekalipun itu sudah lama menikah dan berpengalaman melakukan hubungan seksual. Karenanya, ada hal-hal yang patut diperhatikan jika ingin mencapai orgasme bersama di atas ranjang.

Pakar kesehatan seksual, dr Andri Wanananda MS menjelaskan bahwa hubungan intim adalah sebuah proses belajar. Untuk melalui proses ini hingga akhirnya mencapai kenikmatan bersama, kedua pasangan harus saling pengertian dengan penuh kasih.

"Jelasnya, tidak ada ML yang 'instant', tergesa-gesa," ujar dr Andri.

Menurut dr Andri, kepuasan hubungan seksual ditentukan oleh kedua pasangan yang mampu melakukan proses hubungan seksual. Diawali dengan foreplay, penetrasi Mr P ke dalam Miss V, kemudian disusul dengan orgasme, ejakulasi dan diakhiri dengan relaksasi.

"Syarat lain, hubungan intim dilakukan atas kehendak bersama, saat tubuh kedua pasangan bugar, tidak sedang sakit atau stres," papar dr Andri yang juga menjadi pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta ini.

Baca juga: Ketika Foreplay Berlanjut Sampai Orgasme

Di samping itu, imbuh dr Andri, berhubungan seks hendaknya dilakukan dalam tempat dan waktu yang nyaman. Pasalnya, kualitas hubungan seksual pun ditentukan oleh tercapainya puncak kenikmatan seksual atau orgasme oleh kedua pasangan.

Namun yang patut diketahui adalah kepuasan bercinta tidak ada korelasi dengan lama waktu bersanggama.

"Ada yang 5 menit, 10 menit, 30 menit, bahkan 60 menit, bersanggama. Yang penting kedua pasangan mencapai orgasme," pungkas dr Andri.

Baca juga: Hal-hal Aneh yang Bisa Terjadi Setelah Orgasme(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit