detikhealth

Konsultasi Seksologi

Artikel 18+

Sering Keluar Kotoran Usai Berhubungan Intim, Bagaimana Solusinya?

Kamis, 31/08/2017 16:01 WIB
Sering Keluar Kotoran Usai Berhubungan Intim, Bagaimana Solusinya?Solusi agar tak keluar kotoran usai berhubungan seks/Foto: ilustrasi/thinkstock
Hai Dok, saya mau bertanya mengenai seks anal. Jika melakukan anal, terkadang kotoran yang tersisa di dalam anus saya ikut keluar seusai melakukan hubungan. Meskipun sebelum berhubungan saya sudah BAB, tapi tetap saja ada kotoran yang keluar setelah berhubungan Dok.

Yang ingin saya tanyakan adalah, apakah dokter memiliki rekomendasi obat atau cara supaya setiap saya melakukan anal itu, dubur saya bisa bersih total? Saya pernah mendengar tentang enema, tapi apa menggunakan enema hanya satu-satunya cara untuk membersihkan dubur saya? Mohon jawabannya ya Dok. Terimakasih, salam.

A (21 tahun)

Jawaban

Defekasi (Buang Air Besar atau BAB) yang tuntas, hingga seluruh tinja dalam usus besar terkuras 100 persen ditentukan oleh keseimbangan flora usus. Untuk itu diperlukan asupan air yang cukup, makanan dan buah yang mengandung banyak serat.

Bila upaya di atas masih menimbulkan sisa tinja setelah Anda melakukan hubungan intim, disarankan Anda mengonsumsi Probiotik (bukan Antibiotik) sehari 1 kapsul sebelum makan pagi. Probiotik adalah obat yang mengandung flora usus pelancar terbentuknya tinja yang normal dan mudah dikeluarkan, hingga tiada sisa saat BAB.

Minuman yang mengandung probiotik dalam kadar rendah adalah Yoghurt. Disarankan pula saat Anda melakukan seks anal, untuk menjaga kebersihan alat vital partner Anda, bila perlu sarankan menggunakan kondom yang dilapis jelly. Tujuannya, agar tidak menimbulkan iritasi pada dinding anus dan usus besar saat penetrasi Mr P ke dalam anus Anda.

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta.(hrn/fds)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit