detikhealth

Pentingnya Peregangan Sebelum Berolahraga

Suherni Sulaeman - detikHealth
Kamis, 31/08/2017 17:30 WIB
Pentingnya Peregangan Sebelum BerolahragaPeregangan sangat penting dilakukan sebelum memulai olahraga/Foto: Thinkstock
Jakarta, Peregangan meskipun seringkali diabaikan sebenarnya memainkan peranan dalam fleksibilitas otot tubuh. Karenanya, jangan asal lakukan olahraga jika tanpa melakukan peregangan.

Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga dari Klinik Slim and Health RS Mitra Kemayoran dan Mal Taman Anggrek Jakarta, dr Michael Triangto, SpKO mengatakan bahwa pemanasan, peregangan dan juga pendinginan begitu penting dilakukan sebelum memulai kegiatan berolahraga.

"Tentu saja pemanasan, peregangan dan pendinginan adalah SOP yang wajib dilakukan oleh siapapun yang berolahraga," kata dr Michael.

Untuk menggambarkannya, dr Michael mencontohkan seperti menstater kendaraan. Bila kendaraan tersebut langsung saja tancap gas tentu akan membuat kendaraan tersebut bermasalah karena aliran bahan bakarnya belum merata, demikian pula pada tubuh manusia.

Baca juga: Peregangan Statis Vs Dinamis, Ini yang Harus Dipertimbangkan

"Hal yang sama juga pada tubuh kita yang akan digerakkan. Kita butuh mempersiapkan otot-otot untuk bekerja dengan baik," kata dr Michael yang juga anggota Tim Ahli Persatuan Golf Indonesia (PGI) DKI Jaya.

dr Michael menyebut hal ini dilakukan agar tidak secara tiba-tiba mengalami kerja yang melampaui batas-batas kemampuan meregangnya otot ataupun kekuatan otot yang dapat berakibat pada timbulnya cedera.

Koordinator Kedokteran Olahraga di PB Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) ini pun berpesan untuk melakukan peregangan dan latihan secara baik, benar dan perlahan-lahan sehingga di saat merasa ada yang sakit maka gerakkan tersebut dapat dihentikan seketika.

"Hal itu mampu untuk meminimalkan cedera yang terjadi," ujar dr Michael.

Baca juga: Bisa Ditiru Nih, Macam-macam Olahraga di Kantor Ala Pembaca detikHealth

(hrn/fds)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit