detikhealth

Psikiater

Tips Membangun Percaya Diri dan Pikiran Positif

Senin, 04/09/2017 14:02 WIB
Tips Membangun Percaya Diri dan Pikiran PositifTips membangung rasa percaya diri dan pikiran yang positif/Foto: Thinkstock
Selamat siang Dokter, saya mau minta tips untuk membangun rasa percaya diri, berpikiran positif, dan mempunyai pribadi serta tingkah laku yang baik itu bagaimana? Karena jujur saya minder dengan diri saya yang jelek, payudara kecil. Banyak orang yang menghina kalau saya itu bodoh dan tidak berguna. Saya sekarang jadi depresi lebih banyak mengurung diri di rumah, diam dan tidak mau lagi ngomong sama orang.

D (Perempuan, 30 tahun)

Jawaban

D yang baik,

Kepercayaan diri timbul dari dalam diri. Hal ini dikaitkan dengan sifat bawaan secara genetik, faktor lingkungan dan pola asuh. Jika ada orang yang memang secara bawaan mempunyai kekhawatiran yang tinggi terhadap sekitar, maka itu wajar saja namun pola asuh dan faktor lingkungan bisa membangun kepercayaan dirinya.

Contoh ketika kita masih di usia awal kehidupan, kita sangat bergantung kepada orang tua kita. Apapun yang kita inginkan dipenuhi oleh orang tua atau pengasuh kita, artinya tingkat kebergantungan kita kepada mereka sangat tinggi.

Sejalan dengan waktu, pola asuh yang membuat kita jadi lebih mandiri dari hari ke hari. Kita jadi bisa berbuat dengan dasar pemikiran kita sendiri dan bisa melakukan ha-hal yang sebelumnya tidak bisa kita lakukan sendiri. Meningkat dengan perkembangan usia maka kemandirian dan tuntutan dari sekitar akan berbeda.

Penampilan tidak selalu berhubungan dengan rasa percaya diri, artinya kepercayaan diri bukan hanya satu-satunya didukung dari penampilan. Tidak semua orang yang secara umum mungkin dianggap berpenampilan muka atau bentuk tubuh kurang baik lalu menjadi tidak percaya diri. Seperti saya bilang di atas bahwa kepercayaan diri timbul dari dalam diri orang tersebut. Jika hal ini sudah membuat D malah menjadi depresi dan mengurung diri maka sepertinya D memerlukan bantuan psikolog atau psikiater terdekat di kota D.

Harus ada upaya untuk membuat D lebih baik dan tidak menyerah. Salah satu cara D untuk lebih baik sudah D lakukan dengan mengirimkan surat konsultasi online ini. Selanjutnya lakukan hal-hal sesuai petunjuk dari psikolog atau psikiater yang D kunjungi nanti. Ingat bahwa kepercayaan diri itu perlu dilatih dan dikembangkan karena dia tidak datang dengan sendirinya. Semua orang bisa menjadi lebih percaya diri.

Semoga bisa membantu. Salam sehat jiwa.

dr Andri, SpKJ, FAPM
Psikiater, Psychosomatic Medicine Specialist
Klinik Psikosomatik Omni Hospitals Alam Sutera
(021)29779999
Twitter: @mbahndi
https://psikosomatik-omni.blogspot.com(hrn/fds)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit