detikhealth

Konsultasi Kulit dan Kelamin

Sering Gatal Meski Sudah Pakai Bedak Biang Keringat, Apa Solusinya?

Selasa, 05/09/2017 11:44 WIB
Sering Gatal Meski Sudah Pakai Bedak Biang Keringat, Apa Solusinya?Foto: iStock
Semenjak saya bekerja, saya lebih sering merasa gatal-gatal di seluruh tubuh saya. Sampai menggaruknya dan berbekas. Saya sudah mandi 2 kali sehari dan menyetrika seluruh baju saya sampai dalaman saya, tapi tetap saja gatal. Apa yang harus saya lakukan? Awalnya saya kira biang keringat, tetapi waktu saya memakai bedak biang keringat, tetap saja gatal.

Awalnya hanya bagian paha, lalu ke punggung lalu tangan dan daerah perut. Ini saya tidak nyaman sekali. Mohon solusinya Dokter, terimakasih.

Indah (Perempuan, 22 tahun)

Jawaban

Salam kenal Indah,

Gatal-gatal sangat banyak penyebabnya. Bisa jenis alergi, jamur atau adanya kutu/serangga-serangga kecil yang mengigit kulit. Untuk membedakannya dengan benar, sebaiknya ke dokter kulit terdekat ya. Karena kami butuh melihat bagaimana bentukan atau bercak merah yang ada dikulitnya.

Kalau membaca cerita Dik Indah, gatal sejak mulai kerja dan makin menyebar. Ada beberapa kemungkinan, yang pertama kemungkinan adanya alergi terhadap bahan yang terdapat di tempat kerja yang menimbulkan reaksi alergi, umumnya berupa dermatitis kontak alergi.

Artinya alergi terhadap bahan yang bersentuhan di kulit. Solusinya, hindari bahan-bahan yang menempel di kulit di tempat kerja. Kalau benar penyebabnya alergi, tidak ada hubungannya dengan sering mandi dan setrika semuanya.

Namun, bisa juga penyebab kutu atau serangga di tempat kerja atau dari penularan teman kerja. Namun untuk memastikannya, sangat dibutuhkan konsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk menggali gejala-gejala lainnya.

Semoga bisa membantu.

dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK
DNI Skin Centre
Jalan Raya Puputan 70, Renon, Denpasar-Bali
Instagram @darma181
www.skincentrebali.com(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit