detikhealth

Psikiater

Merasa Cemas Hingga Mimpi Buruk dan Susah Tidur, Apa Solusinya?

Rabu, 06/09/2017 13:49 WIB
Merasa Cemas Hingga Mimpi Buruk dan Susah Tidur, Apa Solusinya?Pria yang cemas dan gelisah hingga mimpi buruk dan susah tidur/Foto: Thinkstock
Dok, saya mau tanya, saya ini sering sekali merasa cemas, khawatir, gelisah, dengan hal-hal tertentu. Kekhawatiran saya tersebut timbul dari pikiran-pikiran saya sendiri. Rasa cemas tersebut sering buat saya jadi mimpi buruk, susah tidur. Intinya saya merasa ketakutan lebih. Gimana ya Dok biar rasa cemas atau ketakutan saya itu bisa hilang?

Septin (Laki-laki, 19 tahun)

Jawaban

Septin yang baik,

Gejala-gejala yang kamu sebutkan berhubungan dengan gejala-gejala kecemasan menyeluruh yang banyak dialami. Keluhan itu bisa terkait dengan kondisi kecemasan yang sifatnya menahun yang bisa dimulai dari usia kecil mengingat usiamu yang relatif masih muda. Beberapa di antaranya juga bisa dikaitkan dengan pola asuh yang terlalu over protektif sehingga anak telanjur memandang bahwa kehidupan dan dunia ini tidak aman sehingga harus bersiap-siap selalu.

Pada dasarnya keluhan cemas bisa dialami siapa saja namun ketika keluhan itu menjadi sangat berlebihan maka tentu akan mengganggu kehidupan sehari-hari. Gejala-gejala cemas tersebut bisa menjadi gejala fisik seperti jantung berdebar, sesak nafas dan gangguan lambung, juga bisa ke gejala-gejala psikologis seperti ketakutan terhadap segala sesuatu yang berhubungan dengan dirinya dan orang yang dia cintai.

Coba lakukan relaksasi dan belajar untuk melakukan kegiatan olahraga yang akan membantu relaks. Lakukan dengan konsisten karena biasanya tidak mudah mengatasi kecemasan hanya dengan sekali relaksasi saja. Selain itu kembangkan pikiran positif dengan melakukan hal-hal positif, jadwalkan kegiatan tersebut sehingga membuat dirimu menjadi terbiasa. Jika masih berlanjut maka bisa menghubungi psikolog atau psikiater terdekat.

Semoga bermanfaat. Salam sehat jiwa.

dr Andri, SpKJ, FAPM
Psikiater, Psychosomatic Medicine Specialist
Klinik Psikosomatik Omni Hospitals Alam Sutera
(021)29779999
Twitter: @mbahndi
www.psikosomatik.net(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit