detikhealth

Artikel 18+

Ini Sebabnya Kebanyakan Pria Tertidur Setelah Bercinta

Widiya Wiyanti - detikHealth
Rabu, 06/09/2017 19:34 WIB
Ini Sebabnya Kebanyakan Pria Tertidur Setelah BercintaPria tidur setelah bercinta disebabkan perubahan kimiawi dalam tubuh/Foto: Thinkstock
Jakarta, Bagi kebanyakan istri, pasti merasa jengkel ketika suaminya tertidur setelah melakukan hubungan seks, padahal menurut mereka itu adalah momen yang tepat untuk membicarakan banyak hal.

Dikutip dari Times of India, Rabu (6/9/2017) hal ini disebabkan karena adanya perubahan kimiawi dalam tubuh. Saat mencapai klimaks, maka tubuh akan memproduksi hormon prolaktin yang pada akhirnya membuat tubuh jadi lebih lelah.

Menurut penulis 'Why Men Fall Asleep After Sex?', Mark Leyner dan Billy Goldberg, kelelahan setelah berhubungan seksual dihubungkan dengan asupan makanan. Untuk menjadikan sumber energi, glukosa lebih akan disimpan dalam sel hati dan otot sebagai glikogen.

Baca juga: Sakit Kepala Setelah Orgasme, Adakah Hubungannya?

"Diperkirakan pengerahan tenaga selama seks dan setelah klimaks akan menggunakan otot-otot yang mengandung glikogen. Hal ini membuat pria merasa mengantuk, karena pria memiliki lebih banyak otot daripada wanita, pria menjadi lebih lelah setelah berhubungan seks," ujarnya.

Selain itu, orgasme pria disebut orgasme eksplosif, yaitu menggunakan energi yang diarahkan keluar tubuh. Sedangkan wanita kebalikannya, yaitu orgasme implusif yang energinya diinternalisasi. Sebab itu pria lebih lelah setelah berhubungan seks.

Namun para ahli mengatakan bahwa tidak semua pria akan tertidur setelah berhubungan seks, sebagian ingin berciuman dan berpelukan, atau hanya sekedar mengobrol.

Sebaiknya para istri pandai mengatur pola kantuk suaminya, seperti mengajaknya makan atau menonton film kesukaannya. Selain itu, pentingnya menurunkan harapan, jika suami kiranya tidak bisa terjaga selama 30 menit, maka turunkan harapan menjadi 15 menit.

Baca juga: Survei: 52 Persen Pengantin Baru Tak Langsung Bercinta di Malam Pertama



(wdw/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit