detikhealth

Studi Sebut Konsumsi Minyak Zaitun Bisa Tingkatkan Kecerdasan

Suherni Sulaeman - detikHealth
Minggu, 10/09/2017 14:00 WIB
Studi Sebut Konsumsi Minyak Zaitun Bisa Tingkatkan KecerdasanStudi menyebutkan mengonsumsi minyak zaitun bisa meningkatkan kecerdasaan umum seseorang/Foto: iStock
Jakarta, Nutrisi yang ditemukan dalam makanan kaya asam lemak tak jenuh tunggal atau monounsaturated fatty acids (MUFA) seperti minyak zaitun, kacang-kacangan dan alpukat dapat meningkatkan kecerdasan umum seseorang.

Para peneliti menemukan bahwa kecerdasan umum dikaitkan dengan jaringan perhatian dorsal otak. Hal ini memainkan peran sentral yang bertugas dalam menuntut perhatian dan pemecahan masalah sehari-hari. Secara khusus, kecerdasan umum terkait dengan seberapa efisien jaringan perhatian dorsal berfungsi secara optimal

Studi ini menemukan bahwa hubungan ini didorong oleh korelasi antara monounsaturated fatty acids (MUFA) dan jaringan-jaringan perhatian otak.

"Temuan kami memberikan bukti baru bahwa MUFA terkait dengan jaringan otak yang sangat spesifik, jaringan atensi dorsal, dan seberapa optimal jaringan ini diatur secara fungsional," kata Aron Barbey, profesor di University of Illinois-Urbana-Champaign, seperti dilansir dari laman The Indian Express.

Baca juga: Ingin Lebih Pintar? Ini 5 Langkah Meningkatkan IQ Bagi Orang Dewasa

"Ini penting karena jika kita ingin mengembangkan intervensi nutrisi yang efektif dalam meningkatkan kinerja kognitif, kita perlu memahami cara nutrisi ini mempengaruhi fungsi otak," Barbey menambahkan.

Untuk penelitian yang dipublikasikan di jurnal NeuroImage, tim meneliti hubungan antara kelompok asam lemak dan jaringan otak yang mendasari kecerdasan umum. Dengan melakukan hal tersebut, peneliti berusaha memahami apakah organisasi jaringan otak memediasi hubungan antara asam lemak dan kecerdasan umum.

Temuan ini menunjukkan di mana MUFA mempengaruhi kemampuan kongnitif seseorang. Peneliti menyebut mereka dengan kadar MUFA yang lebih tinggi dalam darah mereka memiliki kecerdasan lebih besar di jaringan perhatian dorsal.

"Hasil kami menunjukkan bahwa jika kita ingin memahami hubungan antara MUFA dan kecerdasan umum, kita perlu memperhatikan jaringan perhatian dorsal. Ini adalah bagian dari mekanisme mendasar yang berkontribusi terhadap hubungan mereka," kata Barbey.

Baca juga: Dapatkan Otak Lebih Tajam dengan Meditasi 10 Menit Tiap Hari(hrn/wdw)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit