detikhealth

Tren Rokok Elektrik pada Anak-anak Bisa Jadi 'Pintu' Menuju Perokok

Widiya Wiyanti - detikHealth
Senin, 11/09/2017 13:34 WIB
Tren Rokok Elektrik pada Anak-anak Bisa Jadi Pintu Menuju PerokokPenggunaan rokok elektrik pada anak-anak bisa memicu mereka menjadi perokok aktif nantinya. Foto: Facebook/Meme Politik Indonesia
Jakarta, Melihat dari video viral yang beredar di media sosial yang menunjukkan dua anak laki-laki di bawah umur dengan bangganya mengisap rokok elektrik.

Seperti video blogger (vlogger), kedua bocah itu mendemonstrasikan penggunaan rokok elektrk. Walau tidak diketahui jenisnya, beberapa merk yang beredar bisa mengandung nikotin yang membuat kecanduan seperti rokok biasa.

Menanggapi perilaku kedua anak laki-laki tersebut, psikolog anak, Novita Tandry merasa sangat miris melihat perilaku mereka. "Mereka kan masih anak-anak, paling masih SD kan," ujarnya kepada detikHealth, Senin (11/9/2017).

Novita memperingatkan bahwa penggunaan rokok elektrik yang merupakan tren baru pada anak-anak dapat menjadi 'pintu gerbang' menuju perokok aktif nantinya.

Baca juga: Video Viral Anak di Bawah Umur Mengisap Rokok Elektrik Bikin Miris

"Anak-anak merasa awalnya untuk coba-coba, tapi itu malah ke arah merokok. Dan parahnya, 99 persen bisa menjadi 'pintu' untuk memakai narkoba," jelasnya.

Sama halnya dengan yang disebutkan dalam penelitian di Journal of Adolescent Health, pelajar yang tinggal dengan pengguna rokok elektrik lebih terbuka untuk merokok. Mereka juga mencoba rokok lebih awal, dan memiliki risiko lebih besar untuk menjadi perokok di kemudian hari.

Video tersebut menggambarkan bahwa begitu mudahnya rokok elektrik didapatkan, bahkan oleh anak-anak. Ini menjadi peringatan kerasa kepada para orangtua untuk lebih mengawasi anak-anaknya.

"Jangan main kasih izin, ini tuh ada nikotin di dalamnya," imbuh Novita.

Zat nikotin tersebut dapat membuat anak-anak merasa kecanduan, menginginkannya lagi dan lagi hingga akhirnya menjadi seorang perokok. "Orangtua itu harus jadi contoh dan teladan yang baik bagi anak-anaknya," pungkasnya.

Baca juga: Seperti Ini Efek Buruk Mengonsumsi Narkoba Cair dengan Rokok Elektrik

(wdw/fds)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit