detikhealth

Selain Infeksi Saat Kehamilan, Katarak Seperti Bayi Asri Welas Bisa Disebabkan Hal Ini

Suherni Sulaeman - detikHealth
Rabu, 13/09/2017 08:40 WIB
Selain Infeksi Saat Kehamilan, Katarak Seperti Bayi Asri Welas Bisa Disebabkan Hal IniRayyan Gibran Ridharaharja setelah operasi katarak. (Foto: instagram)
Jakarta, Kesedihan dirasakan aktris Asri Welas ketika anak keduanya, Rayyan Gibran Ridharaharja, atau Ibran yang baru berusia tiga bulan dinyatakan terkena katarak.

Bintang film 'Cek Toko Sebelah' itu pun menceritakan perjuangan si bungsu melawan katarak lewat beberapa postingan di akun Instagramnya.

"Waktu itu terus terang rasanya seperti langit runtuh harus menerima Kenyataan waktu Prof Rita bilang Mas Ibran ada katarak di kedua matanya, sehingga menghalangi pandangan ke 2 matanya. Ini foto pemeriksaan pertama Mas Ibran di usia nya 3 bulan pinter nya anakku sayang kita jalani semua pemeriksaan dari awal agar mas Ibranku bisa melihat dunia amin," tulis Asri Welas seperti dikutip dari detikHot.

Baca juga: Seperti Langit Runtuh, Asri Welas Kaget Bayinya Terkena Katarak

Meski demikian, Asri tak menyerah begitu saja untuk menyembuhkan Ibran. Ia dan dokter yang merawat buah hatinya pun sudah melakukan beberapa tindakan terhadap mata Ibran belum lama ini.

"2 minggu setelah Mas Ibran ku harus operasi pengambilan katarak, ada banyak yg harus di periksa karena ada banyak sebab kenapa bisa terkena katarak. Bisa juga disebabkan oleh virus rubela, tokso tapi di kehamilan Asri negatif akan hal ini, di mas Ibran sendiri juga tidak ada virus tersebut, kita periksa apakah jantungnya bocor, alhamdulilah tidak, otaknya apakah ada virus, alhamdulilah tidak ada, tahap awal adalah operasi pengangkatan di mata kanannya," lanjut Asri.

Mengenai penyebab terjadinya katarak pada anak bayi, hal yang sama juga disampaikan oleh dokter spesialis mata dari RS Universitas Brawijaya, Malang, dr Yasmin Sani A, SpM. Ia mengatakan bahwa katarak atau kekeruhan pada lensa mata yang terjadi pada bayi atau disebut juga sebagai katarak kongenital bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah infeksi saat kehamilan.

"Katarak kongenital bisa terjadi pada 1 mata maupun 2 mata atau bilateral. Bila terjadi secara bilateral penyebab paling sering adalah infeksi saat kehamilan misalnya rubella," kata dr Yasmin, panggilan akrabnya kepada detikHealth.

Selain itu, menurut wanita yang hobi bermusik dan bernyanyi tersebut, katarak pada bayi bisa juga disebabkan oleh kelainan kromosom, penyakit sistemik, riwayat trauma serta paparan radiasi.

Baca juga: Operasi Katarak Sudah Dilakukan Ribuan Tahun Lalu, Seperti Apa?(hrn/fds)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit