detikhealth

Olahraga Ini Bagus untuk Mereka yang Alami Nyeri Punggung

Erika Kurnia - detikHealth
Rabu, 13/09/2017 13:33 WIB
Olahraga Ini Bagus untuk Mereka yang Alami Nyeri PunggungNyeri punggung tak boleh jadi alasan untuk malas berolahraga. Olahraga seperti ini justru bisa jadi terapi untuk keluhan punggung dan tulang belakang. Foto: thinkstock
Jakarta, Nyeri punggung bisa dirasakan ketika kita melakukan aktivitas yang melibatkan punggung secara berlebihan. Sering kali, ketika sudah alami nyeri atau cedera di bagian tersebut, kita jadi malas berolahraga. Padahal beberapa bentuk olahraga bagus untuk mereka yang alami nyeri punggung.

Menurut pakar nyeri dan tulang belakang, dr Mahdian Nur Nasution, SpBS, olahraga yang disarankan untuk penderita nyeri punggung, termasuk masalah tulang belakang, adalah renang dan bersepeda.

"Olahraga yang paling bagus untuk tulang belakang adalah berenang dan bersepeda, untuk orang sakit pinggang di sepeda statis. Olahraga-olahraga itu bagus untuk menguatkan otot pinggang," katanya kepada detikHealth, belum lama ini.

Baca juga: Olahraga yang Cocok Jika Kamu Rentan Cedera

Sementara itu, olahraga yang terlalu intens sebaiknya dihindari, terutama bagi mereka yang sudah rentan alami masalah tulang belakang.

"Usia 50 tahunan itu rentan alami masalah tulang, seperti pengapuran atau saraf kejepit. Baiknya hindari olahraga yang intens, seperti di gym, atau main tenis dan badminton yang terlalu diforsir. Olahraga boleh tapi jangan seperti mau ikut turnamen," imbuhnya.

Menurutnya, olahraga adalah gaya hidup yang paling berperan signifikan untuk menjaga tulang belakang.

"Pola hidup masyarakat zaman sekarang berbeda dibanding orang dulu, karena lebih banyak kurang bergerak. Padahal aktivitas fisik seperti olahraga itu paling bagus untuk menjaga tulang belakang. Kalau dari diet tidak ada yang spesifik, yang penting diet sehat saja untuk mencegah kegemukan," pungkasnya.

Baca juga: Nyeri Punggung Harus 'Bedrest'? Salah, Justru Harus Olahraga

(mrs/mrs)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit