detikhealth

Gemar Pakai Softlens, Ashanty Kerap Kesulitan Temukan yang Nyaman di Mata

Firdaus Anwar - detikHealth
Rabu, 13/09/2017 15:35 WIB
Gemar Pakai Softlens, Ashanty Kerap Kesulitan Temukan yang Nyaman di MataAshanty sering memakai softlens, namun sulit menemukan yang cocok dengannya. (Foto: Hanif Hawari/detikHOT)
Jakarta, Penyanyi Ashanty mengaku sangat suka memakai lensa kontak atau softlens meski matanya normal. Saking sukanya, Ashanty bahkan memproduksi softlens dengan mereknya sendiri.

Berbicara di kanal Youtube Hijau Musik, Ashanty mengaku memproduksi softlensnya sendiri karena kesulitan memperoleh softlens yang cocok di pasaran. Beberapa jenis softlens bisa terlalu kering sehingga berisiko mengiritasi mata.

Baca juga: Orang yang Cocok dan Tidak Cocok Pakai Lensa Kontak

"Aku pencinta soflens banget, jadi aku bisa enggak dandan tapi cuma pakai softlens. Kenapa aku produksi sendiri? Karena aku udah coba berbagai macam softlens dari puluhan (merek) cuma satu dua yang nyaman dipakai, artinya kadar airnya tinggi dan warnanya cocok di aku dan Aurel," kata Ashanty seperti dikutip pada Rabu (13/7/2017).

"Kita berpikir memproduksi sendiri supaya kita memakai softlens yang bermutu, berkualitas, dipake enak, enggak bikin merah belekan atau yang gitu-gitu lah," lanjutnya.

Berbicara terpisah, spesialis mata dr Zeiras Eka Djamal, SpM, dari Jakarta Eye Center (JEC) mengatakan bahwa memang softlens harus lebih hati-hati dipakainya daripada kacamata karena bersentuhan langsung dengan permukaan mata. Ketika pemakaian softlens tidak terjaga maka bisa ada risiko iritasi hingga infeksi.

"Sebaiknya pastikan tangan steril, kuku tidak panjang, disiplin dan komitmen untuk merawat softlens sesuai aturan. Misalnya saat memakai, melepas, merendam dan meneteskan obat mata saat menggunakan lensa kontak," kata dr Endang.

Untuk Ashanty sendiri ia mengaku memakai softlens dengan warna yang mencolok serinnya ketika sedang dandan saja.

"Kalau dandan baru kita pakai yang warnanya agak mencolok karena kan sesuai dengan makeup," pungkasnya.

Baca juga: Pesan Dokter Agar Pemakaian Lensa Kontak Tetap Aman bagi Mata(fds/mrs)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit