detikhealth

Suara Serak dan Tiba-tiba Hilang? Waspada, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Suherni Sulaeman - detikHealth
Rabu, 13/09/2017 17:35 WIB
Suara Serak dan Tiba-tiba Hilang? Waspada, Bisa Jadi Ini PenyebabnyaSuara serak bisa jadi indikasi masalah kesehatan serius loh. Foto: Thinkstock
Jakarta, Suara yang serak atau hilang tentu akan mengganggu aktivitas seseorang terutama dalam hal komunikasi. Sebenarnya apa saja yang bisa membuat suara seseorang menjadi serak atau hilang?

Dikatakan dr Zainal Adhim SpTHT-KL (K), PhD, spesialis telinga, hidung, tenggorokan, kepala dan leher dari Rumah Sakit Pondok Indah, suara serak biasanya disebabkan oleh infeksi akibat batuk pilek dan sakit tenggorokan.

"Biasanya kalau habis batuk pilek, sakit tenggorokan dan sebagainya tiba-tiba sakit suara serak ada kemungkinan itu karena infeksi biasa, jadi gejala infeksi dari tenggorokan ke pita suara," tutur dr Zainal, sapaan akrabnya dalam diskusi media 'Waspadai Suara Serak' di bilangan Senayan, Jakarta Pusat.

Lanjut dr Zainal, apabila suara serak sudah berlangsung lama lebih dari dua atau tiga minggu dengan pengobatan yang adekwat namun nyatanya tidak menghasilkan perbaikan berarti harus diwaspadai.

Baca juga: Inilah Kebiasaan-kebiasaan yang Menyakiti Pita Suara

"Jangan terlalu menganggap bahwa suara serak berbahaya tapi jangan pula menganggap enteng," ujar pria yang juga sebagai konsultan laringofaringologi.

Selain karena infeksi yang diakibatkan oleh virus atau bakteri dan biasanya bersamaan dengan common cold, suara serak juga bisa disebabkan oleh infeksi kronis seperti faktor HIV/AIDS.

"Bisa juga disebabkan oleh lesi jinak pita suara, biasanya timbul karena penyalahgunaan suara yang menimbulkan trauma bagi pita suara," ucap dr Zainal.

dr Zainal menambahkan, penyebab suara serak juga bisa dilatarbelakangi oleh profesi, seperti penyanyi atau guru yang menyebabkan adanya nodul atau semacam tumor lesi jinak. Infeksi kronis lainnya yang membuat suara tiba-tiba serak atau hilang di antaranya polip vocal cord, papiloma larynx serta kanker laring.

Baca juga: Wow! Ilmuwan Kini Sudah Bisa Ciptakan Pita Suara Sintetis(hrn/mrs)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit