detikhealth

Alasan Mengapa Perokok Rata-rata Bersuara Serak

Suherni Sulaeman - detikHealth
Rabu, 13/09/2017 19:05 WIB
Alasan Mengapa Perokok Rata-rata Bersuara SerakPerokok biasanya memiliki suara yang serak. Foto: Thinkstock
Jakarta, Banyak masalah kesehatan bisa terjadi pada tubuh seorang perokok, salah satunya suara serak atau kehilangan suara. Meski terkesan enteng, namun bisa jadi gejala penyakit lain yang lebih serius.

Menurut dr Zainal Adhim, SpTHT-KL (K), PhD, spesialis telinga, hidung, tenggorokan, kepala dan leher dari Rumah Sakit Pondok Indah merokok bisa mempengaruhi kualitas suara karena mengganggu drainase dari lendir. Karena lendir tersebut selalu mengalir pada daerah hidung sampai rongga mulut dan tenggorokan, maka ketika merokok bagian dalam laring menjadi kering.

"Peranan rokok itulah mengganggu drainase. Makanya kalau orang merokok biasanya cenderung susah mengeluarkan lendir. Akibatnya akan menimbulkan efek batuk yang berlebihan," kata dr Zainal dalam diskusi media 'Waspadai Suara Serak' di bilangan Senayan, Jakarta Pusat.

Baca juga: Ini Penyebab Suara Serak dan Hilang

"Batuk itu sendiri menyebabkan pergerakan pita suara yang berlebihan sehingga menyebabkan suara serak, kemudian di samping itu tentu lendir itu menimbulkan peradangan yang sifatnya kronis," lanjut dr Zainal.

Kemudian faktor yang kedua, dr Zainal mengatakan bahwa rokok itu terdiri dari komponen-komponen, salah satu yang dikhawatirkan adalah bersifat karsinogenik.

"Khusus merokok biasanya dari beberapa pasien yang saya tangani biasanya selalu ada riwayat merokok. Jadi hati-hati suara serak pada perokok berat. Kita harus mulai mikir, jangan-jangan suatu kanker laring," imbuh dr Zainal.

Baca juga: Menghindari Suara Serak dan Lemah di Usia Senja(hrn/mrs)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit