detikhealth

Wabah Influenza Bisa Berdampak pada Ekonomi dan Sosial

Widiya Wiyanti - detikHealth
Kamis, 14/09/2017 08:36 WIB
Wabah Influenza Bisa Berdampak pada Ekonomi dan SosialDampak dari wabah flu burung bisa sangat luas tak hanya di sektor kesehatan saja. (Foto: Thinkstock)
Jakarta, Pandemi (wabah) flu H7N9 sudah menyebar di Cina pada tahun 2013-2017 dengan 1562 kasus dan 607 di antaranya meninggal dunia. Wabah ini namun belum ditemukan di Indonesia.

Semua orang tidak mengharapkan penyebaran wabah tersebut, tapi tidak menutup kemungkinan Indonesia juga terserang. Salah satu penyebabnya adalah impor unggas dari Negeri Tirai Bambu.

"Kita tidak boleh mengimpor unggas yang mengandung H7N9, ujar Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan RI, dr Wiendra Woworuntu, M.Kes, Rabu (13/9/2017).

Baca juga: Ilmuwan Waspadai Mutasi Virus Flu Burung yang Mengancam Dunia

Jika wabah ini benar-benar menyebar di Indonesia, maka akan berdampak pada berbagai bidang, seperti ekonomi dan sosial.

"Kalau misalnya terjadi pandemi, otomatis embargo, pembatasan orang, pembatasan semua. Orang tinggal di rumah saja, tidak bisa bersosialisasi," jelasnya.

Embargo adalah pelarangan perniagaan dan perdagangan dengan sebuah negara. Hal itu jelas akan mengurangi menurunkan perekonomian negara tersebut.

Selain itu berdampak pada sektor wisata, dengan adanya wabah penyakit wisatawan pun akan enggan untuk mendatangi negara tersebut.

Baca juga: Virus Flu Burung H7N3 Serang Peternakan Ayam di Meksiko(wdw/fds)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit