detikhealth

Vertigo Kambuh, Bisakah Pengaruhi Kenaikan Gula Darah?

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Kamis, 14/09/2017 12:07 WIB
Vertigo Kambuh, Bisakah Pengaruhi Kenaikan Gula Darah?Adakah hubungan antara vertigo dengan kenaikan gula darah dan ginjal seperti yang dialami Setya Novanto? Simak penjelasan dokter berikut ini: Foto: thinkstock
Jakarta, Setya Novanto dilarikan ke rumah sakit setelah sempat terjatuh setelah bermain tenis meja. Pengakuan kerabat yang menjenguk, Novanto juga mengalami kenaikan gula darah dan gangguan fungsi ginjal.

"Bahwa berdasarkan hasil pemeriksaan dokter, Pak Novanto kemarin setelah berolahraga lalu kemudian gula darah naik. Setelah diperiksa, ternyata implikasi fungsi ginjal dan tadi malam diperiksa ternyata juga ada pengaruh dengan jantung," ujar Sekjen Partai Golkar Idrus Marham, kepada wartawan, Selasa (13/9/2017) kemarin.

Sementara itu berdasarkan keterangan dari tim dokter DPR, Novanto dilarikan ke rumah sakit setelah terjatuh dan tampak goyang usai melakukan olahraga tenis meja. Gejalanya ini dicurigai akibat kambuhnya vertigo yang memang sudah dimiliki Novanto sejak lama.

Baca juga: Vertigo Novanto Kambuh Usai Main Tenis Meja? Ini Kata Dokter

Lalu, adakah hubungan antara vertigo dengan kenaikan gula darah dan ginjal? Kepada detikHealth, dr Ahmad Yanuar, SpS dari Departemen Neurologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia - RS Cipto Mangunkusumo, mengatakan secara langsung tidak ada kaitan antara vertigo dengan kenaikan gula darah dan gangguan ginjal.

"Ya kalau berhubungan langsung saya rasa tidak ada. Tapi harus dilihat juga apakah sebelumnya Pak Novanto punya penyakit itu, apa ada gula darah atau darah tinggi. Kalau iya, bisa saja meningkat saat itu," tutur dr Ahmad saat dihubungi detikHealth, Kamis (14/9/2017).

Secara ringkas, vertigo adalah gangguan saraf yang membuat kepala serasa berputar. Dalam bahasa Indonesia, vertigo sering disamakan dengan istilah pusing tujuh keliling, yang mengakibatkan pengidapnya terjatuh karena kehilangan keseimbangan.

Hal ini berbeda dengan sakit kepala dan migraine, yang merupakan efek dari terjadinya penyempitan pembuluh darah di sekitar kepala karena stres atau kelelahan.

"Nyeri diartikan seperti rasa berdenyut, seperti terikat atau tertarik kepalanya. Tapi kalau pusing itu bisa berarti berputar, tujuh keliling, terasa goyang," ungkap dr Yuda Turana, SpS dari RS Siloam Asri.

Baca juga: Pertolongan Pertama Saat Vertigo Menyerang

(mrs/fds)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit