detikhealth

Jangan Diabaikan, Kebiasaan Seperti Ini Bisa Tingkatkan Risiko Kanker Pita Suara

Suherni Sulaeman - detikHealth
Kamis, 14/09/2017 13:00 WIB
Jangan Diabaikan, Kebiasaan Seperti Ini Bisa Tingkatkan Risiko Kanker Pita SuaraKebiasaan sehari-hari seperti terpapar nikotin dan polusi udara bisa berisiko terkena kanker laring/Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta, Suara serak yang berkepanjangan dan tidak kunjung sembuh kemungkinan suatu gejala atau tanda dari kanker laring atau kanker pita suara. Lantas, apa saja yang menjadi faktor terjadinya kanker laring atau kanker pita suara?

"Yang kita tahu bahwa kanker itu multifaktor. Yang pertama ada faktor genetik, biasanya kalau ada riwayat keluarga, misal ayah, ibu atau kakek nenek mengalami kanker ada risiko anaknya kanker," ujar dr Zainal Adhim, SpTHT-KL (K), PhD, spesialis telinga, hidung, tenggorokan, kepala dan leher dari Rumah Sakit Pondok Indah, baru-baru ini.

Kemudian yang menjadi faktor risiko penyebab kanker laring, menurut dr Zainal adalah terpaparnya zat karsinogenik yang ada dalam rokok. Nah zat inilah yang menginduksi timbulnya kanker.

"Misal zat yang terkandung dalam rokok, nikotin dan sebagainya itu juga menimbulkan kanker," terang dr Zainal.

Baca juga: Alasan Mengapa Perokok Rata-rata Bersuara Serak

Selain itu, dr Zainal yang juga sebagai konsultan laringofaringologi mengatakan bahwa terpapar polusi udara juga bisa menyebabkan kanker laring. Sebab setiap hari, selama 24 jam pita suara akan selalu dilewati udara melalui saluran nafas.

"Laring kan untuk suara, di samping itu dia untuk saluran nafas. Di samping itu dia juga untuk proteksi atau melindungi paru-paru," dr Zainal menambahkan.

Baca juga: Seks Oral Bisa Bikin Suara Serak, Kok Bisa?

(hrn/fds)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit