detikhealth

Hindari Risiko Infeksi di Musim Pancaroba dengan Diet Rendah Bakteri

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Kamis, 14/09/2017 16:35 WIB
Hindari Risiko Infeksi di Musim Pancaroba dengan Diet Rendah BakteriFlu bisa dihindari dengan diet rendah bakteri. Foto: Getty Images
Jakarta, Sistem imun yang lemah ditambah dengan musim pancaroba membuat tubuh mudah terserang penyakit. Nah, diet yang mulai dikenal ini disebut-sebut dapat membantu Anda mendapatkan tubuh lebih kuat. Wow, diet apa ya?

Bakteri biasanya ditemukan di rumah, di tangan orang yang menyiapkan makanan, atau dalam makanan itu sendiri. Dengan menerapkan diet rendah bakteri, ini bisa membantu mencegah infeksi dalam tubuh.

Diet rendah bakteri sendiri merupakan rencana makan yang melibatkan pemilihan, persiapan, dan makanan olahan dengan jumlah bakteri rendah seperti yang dilansir dari Drugs, Rabu (13/9/2017). Untuk menjaga jumlah bakteri yang masuk selalu rendah, maka diet ini mengatur apa saja yang boleh dan tidak boleh untuk dimakan.

Baca juga: Sedikit-sedikit Sakit? Ini Pasti Penyebabnya

Salah satu makanan yang diperbolehkan untuk dikonsumsi adalah seluruh produk olahan susu, dengan catatan yang sudah melewati proses pasteurisasi. Semua makanan pun juga harus dimasak dengan matang (well done) mulai dari daging hingga telur.

Sedangkan untuk hampir seluruh jenis sayur-sayuran justru tidak harus melalui proses masak atau yang bersentuhan dengan panas. Cukup dengan mencucinya dengan baik dan di bawah air yang mengalir. Namun untuk sayuran seperti tauge, lobak dan brokoli tetap dianjurkan untuk dimasak terlebih dahulu.

Sebenarnya, diet rendah bakteri sudah banyak dilakukan oleh orang-orang dengan kanker atau orang telah melakukan proses transplantasi. Biasanya, diet ini bisa berlangsung selama berbulan-bulan hingga kesembuhan pasien yang usai melakukan prosedur operasi benar-benar pulih. Namun menurut Cancer.org, diet ini bisa juga diterapkan oleh orang yang punya sistem imun lemah. Tertarik mencoba?

Baca juga: Diet Unik dan Sehat, 5 Kisah Diet Experience Paling Menginspirasi Bulan Juni(ajg/mrs)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit