detikhealth

Ini Bahayanya Asal-asalan Campur Obat PCC untuk 'Nge-fly'

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Kamis, 14/09/2017 17:32 WIB
Ini Bahayanya Asal-asalan Campur Obat PCC untuk Nge-flyEksperimen dengan obat-obatan ilegal seperti PCC bisa membahayakan nyawa. Foto: Siti Harlina/detikcdom
Jakarta, Kabar soal penyalahgunaan obat terlarang di Kendari membuat heboh. Salah seorang remaja, NH mengaku telah mengkonsumsi 3 butir obat tersebut dalam sekali teguk dan mencampurkannya dengan jenis Somadril, Tramadol, dan PCC (paracetamol, carisprodol, dan caffeine). Kejadian ini berakhir pada tewasnya satu anak.

Melalui saluran telepon, Kamis (14/9/2017), dr Hari Nugroho dari Institute Of Mental Health Addiction And Neurosience (IMAN) menjelaskan bahwa perbuatan mencampur-campur obat ilegal sudah cukup sering terjadi bagi orang-orang yang masih dalam tahap coba-coba.

Padahal, tanpa harus dicampurkan dengan obat jenis lain, obat PCC yang disalahgunakan bisa menimbulkan kejang-kejang, depresi, insomsia hingga perilaku agitasi yaitu perilaku yang membuat orang lebih sensitif dan sulit untuk dikendalikan dan bahkan kematian.

Baca juga: Siswa Jadi Target, Obat PCC di Kendari Dijual Rp 25.000 Per 20 Biji

Seperti kasus yang sedang ramai dibicarakan, para remaja Kendari tersebut bereksperimen dengan mencampurkan obat PCC dengan tramadol. PCC sendiri adalah obat yang bersifat relaksan, sedangkan tramadol adalah obat analgetik yang bisa meredakan rasa sakit.

"Jika kedua obat ini dicampurkan akan lebih merugikan. Efeknya akan sulit bernapas bahkan bisa menimbukan kematian," ujar dr Hari kepada detikHealth.

Berdasarkan keterangan dari dr Hari, obat PCC dulunya sempat dijual dipasaran dengan resep dokter namun ditarik karena sering disalahgunakan sesuai keputusan kepala BPOM Nomor HK. 04.1.35.06.13.3535 tahun 2013 tentang pembatalan izin edar obat yang mengandung carisoprodol.

"Minum PCC bikin nyaman atau 'nge-fly' kalau dikonsumsi berbutir-butir. Karena itu potensi adiksinya meningkat untuk mencari kenyamanan," pungkasnya.

Baca juga: Penyalahgunaan Obat Penenang Benzodiazepine Paling Rentan Dilakukan Remaja(ajg/mrs)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit