detikhealth

Artikel 18+

Studi: Minat Bercinta Wanita Lebih Mudah Hilang Daripada Pria

Firdaus Anwar - detikHealth
Kamis, 14/09/2017 19:51 WIB
Studi: Minat Bercinta Wanita Lebih Mudah Hilang Daripada PriaDibandingkan pria, wanita bisa lebih sulit untuk mempertahankan minat bercintanya. Semakin lama berhubungan semakin berkurang gairah yang dulu pernah ada. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta, Secara umum, peneliti telah membuktikan bahwa hubungan kemesraan pasangan memang dapat terus berkurang seiring berjalannya waktu. Namun kira-kira siapa yang lebih cepat untuk kehilangan minat kemesraan tersebut? Menurut studi terbaru jawabannya adalah perempuan.

Hal tersebut diutarakan peneliti di jurnal BMJ Open setelah melakukan survei pada 5.000 laki-laki dan 6.700 perempuan. Diketahui bahwa minat mood bercinta wanita terhadap pasangannya bisa lebih cepat padam dalam hubungan jangka panjang.

Baca juga: Siapa Sangka, Kondisi Pencernaan Bisa Pengaruhi Gairah Seks Wanita

"Bagi beberapa orang hal ini wajar saja terjadi, tapi bagi orang lain bisa juga ini menjadi sumber masalah dan penderitaan," kata terapis seks Ammanda Major seperti dikutip dari BBC, Kamis (14/9/2017).

Secara total sekitar 15 persen pria dan 34 persen wanita yang disurvei mengaku merasa kehilangan minat bercintanya hingga tiga bulan lebih dalam beberapa tahun terakhir. Bagi pria momen kehilangan minat ini tertinggi di rentang usia 35-44 tahun sementara untuk wanita di rentang usia 55-64 tahun.

Kesehatan fisik serta mental yang buruk, jeleknya komunikasi, minimnya keintiman saat bercinta, dan kehadiran anak disebut menjadi hal yang dapat membuat semakin cepat hilangnya 'api asmara' di antara pasangan.

Mengapa wanita yang lebih cepat hilang minat? Peneliti tidak mengetahuinya secara pasti namun sepertinya tidak berkaitan dengan menopause.

"Studi ini menggarisbawahi pentingnya untuk meninjau dan bila perlu menerapi masalah gairah seksual secara holistik serta spesifik gender," komentar Profesor Cynthia Graham, ahli kesehatan reproduksi dari University of Southampton.

Baca juga: Sst! Ini Manfaat Rajin Olahraga Bagi Gairah Bercinta

(fds/mrs)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit