detikhealth

Konsultasi Kulit dan Kelamin

Ketika Tahi Lalat Berubah Warna Menjadi Merah, Berbahayakah?

Jumat, 15/09/2017 17:36 WIB
Ketika Tahi Lalat Berubah Warna Menjadi Merah, Berbahayakah?Tahi lalat berubah menjadi merah, berbahayakah? /Foto: Thinkstock
Saya punya tahi lalat di atas bibir, di mana ada dua tahi lalat berdekatan. Satu berukuran lebih besar dari yang satunya lagi. Dalam dua tahun terakhir ini, tahi lalat yang berukuran lebih besar perlahan-lahan berubah menjadi merah, dan rambut atau kumis di sekitarnya berubah menjadi uban atau putih.

Dulu beberapa kali pernah luka kecil karena cukuran. Terkadang ada rasa gatal atau nyut-nyutan, tapi nggak sering bisa dihitung dalam satu minggu. Gatal atau nyut-nyutannya nggak terlalu berasa sih. Hanya dikit terasanya. Mohon solusinya Dok.

Valen (Laki-laki, 30 tahun)

Jawaban

Salam kenal Valen,

Tahi lalat memang ada banyak jenisnya, yang utama dibedakan apakah dia berkembang menjadi kanker ganas atau tidak. Tahi lalat memang umumnya tidak ada gejala gatal, sakit atau keluhan lainnya. Rasa nyeri kemungkinan karena adanya luka akibat cukuran yang bisa menimbulkan infeksi sehingga menjadi nyeri.

Tanda-Tanda tahi lalat berkembang menjadi ganas yaitu tahi lalat membesar dengan cepat, bentuknya menjadi tidak bulat atau asimetri, tepinya tidak rata, warna tidak hanya 1 warna tapi beberapa warna seperti hitam, abu-abu. Jadi apabila menemukan gejala ini, sebaiknya diperiksakan ke dokter kulit karena penanganan kanker kulit sangat berbeda dengan tahi lalat biasa.

Untuk tahi lalat Valen yang disertai area yang memutih, kemungkinan tergolong halo nevus. Coba diperhatikan kulit disekitarnya apakah menjadi bulat putih atau tidak. Apabila disertai bulat putih pada kulit mengelilingi tahi lalatnya ini tergolong halo nevus. Penangannya dengan cara operasi kecil mengangkat tahi lalatnya, dan umumnya warna kulit akan kembali normal setelah pengangkatan tahi lalatnya

Semoga membantu.

dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK
DNI Skin Centre
Jalan Raya Puputan 70, Renon, Denpasar-Bali
www.skincentrebali.com(hrn/fds)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close