detikhealth

Teknologi Ini Kurangi Risiko Stres dan Serangan Jantung Saat Mengemudi

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Minggu, 17/09/2017 19:02 WIB
Teknologi Ini Kurangi Risiko Stres dan Serangan Jantung Saat MengemudiIlustrasi (Foto: Getty Images)
Frankfurt, Teknologi kendaraan masa kini tidak hanya berfokus pada keselamatan saat terjadi kecelakaan. Teknologi untuk mencegahnya dengan pendekatan kesehatan juga dikembangkan.

Contohnya bisa dilihat di sebuah mobil Mercedes-Maybach S-Class yang dipamerkan di Frankfurt Motor Show 2017. Mobil berwarna biru tua tersebut mengusung teknologi Mercedes-Benz Fit and Healthy, hasil kolaborasi dengan Philips.

Teknologi ini menggunakan data kesehatan pengemudi maupun penumpang yang didapat dari perangkat wearable fitness tracker. Data ini akan dipakai untuk menilai status kesehatan para penumpang di sepanjang perjalanan.

Baca juga: Wuss! Teknologi Formula 1 Dipakai untuk Bikin Carrier Bayi Kritis

Mengantuk, kelelahan, atau bahkan mood yang sedang tidak baik, bisa terdeteksi oleh teknologi ini. Demikian juga dengan denyut jantung yang tidak stabil, yang kerap menjadi gejala awal serangan jantung secara mendadak saat berkendara.

Salah satu mobil Mercedes-Maybach S-Class yang mengusung teknologi Fit and HealthySalah satu mobil Mercedes-Maybach S-Class yang mengusung teknologi Fit and Healthy (Foto: AN Uyung Pramudiarja)


Mobil dengan teknologi ini juga memiliki sistem yang didesain untuk meredakan stres dalam perjalanan. Tata lampu dan bahkan wewangian akan menyesuaikan dengan status kesehatan para penumpang, untuk membuat mereka selalu merasa lebih nyaman selama berkendara.

Baca juga: Keren! Drone Ambulans Khusus Pertolongan Pertama Serangan Jantung


Catatan: Artikel ini dimuat juga di detikOto


(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit