detikhealth

Psikiater

Emosi Tak Stabil dan Kerap Ingin Bunuh Diri, Tanda Gangguan Jiwa?

Senin, 18/09/2017 14:33 WIB
Emosi Tak Stabil dan Kerap Ingin Bunuh Diri, Tanda Gangguan Jiwa?Ilustrasi wanita yang emosional dan kerap ingin bunuh diri/Foto: thinkstock
Dok, saya cepat merasa frustasi dan kalau sudah puncak emosi, saya suka meledak-ledak. Saya pernah beberapa kali mau bunuh diri karena dulu pacar saya yang sekarang sudah jadi suami, tidak pernah percaya saya dan selalu menuduh yang aneh-aneh terhadap saya padahal saya tidak berbuat yang dituduhnya, tapi ternyata usaha suicide saya selalu gagal.

Saya pernah juga wakut bertengkar dengan suami, saking kesalnya saya teriak-teriak dan suami saya bilang saya gila dan kalau dibawa ke psikiater pasti terbukti ada gangguan jiwa. Saya tidak pernah curhat ke siapapun tentang masalah ini. Saya takut membebani orang lain, tapi setiap ada masalah, kalau terus ditahan pasti yang ada kepala saya langsung sakit dan seperti ada suara kipas angin di telinga saya.

Sebagai tambahan, dulu waktu masih pacaran dengan suami saya ini, dan bertengkar saya pernah nekat membawa pisau dari rumah saya dan saya taruh di dalam tas. Sesampainya di rumah pacar saya, saya masih bertengkar tapi ternyata tidak lama baikan dan pisau tersebut tidak diapa-apakan, bahkan saya sendiri kaget kenapa bisa-bisanya saya bawa pisau ya? Apa saya memang ada gangguan jiwa Dok?

J (Perempuan, 22 tahun)

Jawaban

J yang baik,

Usia Jemi masih muda sekali. Jemi saat ini sepertinya masih mengalami masalah dalam menjaga stabilitas emosi. Kondisi ini bisa terkait banyak hal dan juga terkait dengan banyak diagnosis gangguan kejiwaan.

Untuk baiknya saya sarankan untuk menemui psikiater. Hal ini juga dikarenakan kondisimu saat ini sudah ada ide bunuh diri dan perilaku impulsif. Perilaku impulsif terkait melukai diri juga banyak dialami oleh pasien dengan gangguan kepribadian ambang dan depresi. Untuk itu lebih baik adalah mendapatkan perawatan di psikiater.

Saya memahami tidak semua orang akan merasa nyaman jika diminta ke psikiater tetapi ini untuk perbaikan dirimu sendiri dan keluarga. Semoga informasi ini bermanfaat dan semoga segera bisa mendapatkan bantuan segera. Salam sehat jiwa.

dr Andri, SpKJ, FAPM
Psikiater, Psychosomatic Medicine Specialist
Klinik Psikosomatik Omni Hospitals Alam Sutera
(021)29779999
Twitter: @mbahndi
https://psikosomatik-omni.blogspot.com(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit