detikhealth

Dokter Kembali Ingatkan Bahaya Pistol Mainan Timbulkan Cedera Mata

Firdaus Anwar - detikHealth
Selasa, 19/09/2017 13:07 WIB
Dokter Kembali Ingatkan Bahaya Pistol Mainan Timbulkan Cedera MataMeski mainan, jangan remehkan potensi cedera yang bisa ditimbulkan oleh pistol plastik. (Foto ilustrasi: iStock/Delish)
Jakarta, Meski banyak dijual sebagai mainan, pistol-pistolan atau benda apapun yang dapat menembakkan proyektil harus digunakan secara bijak. Alasannya karena sudah cukup banyak kasus orang-orang cedera akibat ceroboh menembakkan mainan tersebut.

Seperti yang dialami oleh tiga orang dari London, Inggris, dalam kasus terpisah. Dokter di Moorfields Eye Hospital menemukan ketiganya mengalami kerusakan mata yang cukup mengganggu fungsi penglihatan.

Baca juga: Cek Baik-baik, Cedera Mata Paling Buruk Ada di Sini

Satu orang diketahui pria berusia 32 tahun ditembak matanya dengan pistol Nerf dari jarak satu meter. Ia mengalami penglihatan yang rabun dan mata merah.

Selanjutnya seorang wanita berusia 43 tahun mata kirinya juga ditembak dengan pistol mainan dari jarak satu meter. Keluhannya sama yaitu penglihatan yang rabun dan mata memerah.

Terakhir seorang anak berusia 11 tahun mengeluh kesakitan dan penglihatan yang rabun setelah ditembak matanya dari jarak dua meter.

"Kasus-kasus ini menekankan tingkat keseriusan cedera mata yang bisa terjadi dari pistol mainan Nerf dan menyuarakan pentingnya pelindung mata ketika menggunakannya," tulis dokter dalam laporan di BMJ Case Reports dan dikutip Selasa (19/9/2017).

Untuk ketiga pasien yang menjadi korban, mereka ditangani dengan diberikan obat tetes mata. Hasil pemeriksaan dalam beberapa minggu kemudian menunjukkan semuanya sudah pulih ditandai dengan fungsi penglihatan yang kembali normal.

Baca juga: Nyalakan Petasan Dekat Wajah, Mata Kanan Pria Ini Buta

(fds/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit