detikhealth

Video: Dudukan Toilet Bisa Tularkan Kanker Serviks, Mitos atau Fakta?

Suherni Sulaeman - detikHealth
Selasa, 19/09/2017 15:05 WIB
Video: Dudukan Toilet Bisa Tularkan Kanker Serviks, Mitos atau Fakta?Benarkah dudukan toilet bisa menularkan virus kanker serviks? Foto: Thinkstock
Jakarta, Saat bepergian, baik ke mal maupun perjalanan jauh, tak sedikit wanita kerap menggunakan toilet umum untuk sekadar buang air kecil ataupun buang air besar. Namun, kaum hawa harus ekstra waspada ketika menggunakan toilet umum, karena dudukan toilet tersebut bisa memicu kanker serviks.

Dikatakan oleh spesialis kandungan dari Mayapada Hospital Tangerang, dr Noviyanti SpOG, atau yang akrab disapa dr Novi, kanker serviks bisa ditularkan melalui dudukan toilet. Hal ini dikaitkan oleh bekas pemakaian toilet dari seseorang yang terinfeksi kanker serviks, sehingga kuman dari Human Papilloma Virus atau HPV tersebut menempel lewat kontak kulit.

"Karena apabila kita memakai toilet bekas kanker mulut rahim otomatis kuman dari Human Papilloma Virus tersebut akan menempel di dudukan toilet tersebut, dan bila kita merupakan pemakai berikutnya maka akan terjadi kontak dari kulit ke kulit sehingga kita pun dapat terinfeksi dari kuman tersebut," ucap dr Novi dalam video Bincang Sehat.

Video: Dudukan Toilet Bisa Tularkan Kanker Serviks, Mitos atau Fakta?Dudukan toilet bisa tularkan kanker serviks/Foto: 20detik

Selain itu, menurut dr Novi, kanker serviks juga ditandai oleh wanita yang sering mengalami keputihan. Karenanya, jika mengalami keputihan yang berulang sebaiknya lakukan pemeriksaan dengan cara pap smear.

"Jadi apabila mengalami keputihan yang tidak kunjung sembuh maka langkah pertama maka harus mengonsultasikan ke obgyn untuk dilakukan pemeriksaan pap smear, di sana dapat membedakan apakah keputihan tersebut normal atau tidak normal," kata dr Novi dalam video Bincang Sehat.

Baca juga: Saat Kanker Serviks Ditandai dengan Keputihan Tak Berbau

"Karena dari hasil papsmear tersebut dapat membedakan apakah ini ada pertumbuhan sel ganas atau tidak," lanjutnya.

Baca juga: Hati-hati, Keputihan yang Seperti Ini Bisa Jadi Gejala Diabetes

Ingin tahu lebih detail soal mitos dan fakta seputaran keputihan bisa disimak dalam video Bincang Sehat berikut ini:




(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit