detikhealth

Studi: Minum Kopi Bikin Pasien Diabetes Wanita Panjang Umur

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Rabu, 20/09/2017 10:37 WIB
Studi: Minum Kopi Bikin Pasien Diabetes Wanita Panjang UmurManfaat kopi bagi pasien diabetes wanita bukan sekadar menghilangkan lelah dan ngantuk. Studi terbaru menyebut minum kopi juga berpengaruh terhadap usia. Foto: thinkstock
Jakarta, Manfaat kopi bagi pasien diabetes wanita bukan sekadar menghilangkan lelah dan ngantuk. Studi terbaru menyebut minum kopi juga berpengaruh terhadap usia dan harapan hidup pasien.

Dalam acara European Association for the Studi of Diabetes Annual Meeting di Lisbon, Portugal, dr Joao Sergio Neves dan Prof Davide Carvalho dari University of Porto menyebut konsumsi kafein yang ada di teh dan kopi diketahui membuat pasien diabetes wanita berusia lebih panjang. Sayangnya, hal serupa tak ditemukan pada pasien diabetes pria.

Baca juga: Mengalami Gejala Seperti Ini? Itu Tandanya Sudah Kebanyakan Minum Kopi

Hasil studi menyebut pasien diabetes wanita yang mengonsumsi satu gelas kopi per hari (100 mg) memiliki risiko kematian lebih rendah 51 persen daripada pasien diabetes wanita yang tidak minum kopi.

Yang menarik, risiko kematian turun lebih rendah jika konsumsi kopi ditingkatkan. Mereka yang mengonsumsi satu setengah gelas kopi (150 mg) memiliki risiko kematian 57 persen lebih rendah. Sementara yang mengonsumsi 2 gelas kopi (200 mg) memiliki risiko kematian 66 persen lebih rendah.

Kafein yang ada di teh juga memiliki manfaat. Hasil studi menyebut pasien diabetes wanita yang mengonsumsi teh turun risiko meninggal akibat kankernya sekitar 80 persen.

Penelitian dilakukan kepada lebih dari 3.000 partisipan. Peneliti mengungkap bahwa selama ini, kopi diyakini sebagai minuman maskulin dan lebih banyak dikonsumsi pria. Padahal manfaatnya cukup baik bagi wanita.

"Meski begitu studi ini tidak membuktikan bahwa minum kopi dapat membuat Anda menghindari kematian. Namun bisa dipastikan bahwa kopi memiliki setidaknya efek perlindungan bagi pasien diabetes wanita," tuturnya, dikutip dari EurekAlert.

Baca juga: Waktu yang Tepat untuk Minum Kopi(mrs/fds)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close