detikhealth

Wah, Ternyata Trauma Fisik Bisa Tingkatkan Risiko Penyakit Lupus Lho

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Rabu, 20/09/2017 19:42 WIB
Wah, Ternyata Trauma Fisik Bisa Tingkatkan Risiko Penyakit Lupus LhoFoto: Getty Images
Jakarta, Setiap orang tentu memiliki hal-hal yang menyebabkan dirinya menjadi trauma. Namun, studi baru-baru ini menyebutkan seseorang dengan trauma fisik bisa berisiko mengalami penyakit lupus.

"Ada banyak studi yang menunjukkan bahwa kesehatan mental, stres dan trauma memengaruhi kesehatan fisik dan penyakit yang serius, seperti lupus. Hal-hal yang terjadi dalam pikiran kita sangat memengaruhi kesehatan fisik kita," ucap ketua peneliti sekaligus kepala penelitian di Harvard T.H Chan School of Public Health, Andrea Roberts.

Dalam studi peneliti menggunakan kuesioner untuk mengetahui paparan trauma, termasuk trauma akibat kecelakaan mobil dan kekerasan seksual pada partisipan. Selain itu, peneliti juga memeriksa catatan medis partisipan untuk menemukan diagnosis Post-Traumatic Stress Disorder (PTSD).

Baca juga: Kenapa Trauma Otak Bisa Terjadi dan Apa Bahayanya?

Studi yang dilakukan lebih dari 24 tahun akhirnya menemukan 73 kasus lupus dari total 54.763 partisipan wanita.

"Dibandingkan dengan wanita yang tidak mengalami trauma, wanita dengan PTSD hampir tiga kali lebih berisiko mengalami lupus. Sementara, wanita yang hanya mengalami trauma tanpa gejala PTSD memiliki risiko lebih dari dua kali lipat terkena lupus," sambung Roberts dikutip dari New York Times.

Studi yang juga diterbitkan di jurnal Preventive Medicine ini menyebutkan bahwa hal ini juga bisa dikontrol dengan penggunaan obat oral, mengurangi rokok, menjaga berat badan dan melakukan aktivitas fisik.

Sementara itu, lupus merupakan penyakit autoimun yang mematikan. Sebab, penyakit ini bisa menimbulkan peradangan pada kulit, sendi dan organ dalam. Namun, sampai saat ini belum diketahui penyebab pastinya.

Baca juga: Kata Dokter, Sakit Lupus yang Seperti Ini Berdampak Lebih Berat

(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit