detikhealth

Ingin Langsing? Coba Makan Kismis dengan Cara Ini

Puti Aini Yasmin - detikHealth
Kamis, 21/09/2017 08:07 WIB
Ingin Langsing? Coba Makan Kismis dengan Cara IniLangsing dengan makan kismis bisa lho. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta, Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tubuh ideal. Nah, salah satu caranya dengan mengonsumsi kismis. Tapi syaratnya, cara makannya tidak boleh asal-asalan.

Seorang ahli gizi kesehatan mental, Leslie Korn PhD, mengatakan mengunyah kismis dalam waktu beberapa menit bisa membantu mempersingkat munculnya rasa lapar pada orang dewasa. Nah, hal ini dilakukan dengan beberapa hal.

"Dimulai dari mengambil kismis dan mengobservasi pola keriput pada permukaannya. Kemudian, hirup aroma kismis dan perhatikan juga daerah tubuh Anda seperti apakah mulut berair atau perut sedang keroncongan," ucap penulis buku 'The Good Mood Kitchen' ini.

Baca juga: Ingin Bisa Lari Lebih Cepat, Makan Saja Kismis

Selanjutnya, Korn menjelaskan untuk meletakan kismis di dalam mulut dan merasakan keseluruhan permukaan kismis menggunakan lidah. Lalu perlahan-lahan kunyah dan telan kismis dengan membayangkan kismis turun ke dalam perut.

"Latihan kismis dapat menggabungkan kesadaran dengan kemampuan kita untuk mengendalikan reaksi 'otomatis'. Sederhananya, hal ini menyebabkan perasaan untuk menolak dorongan mengonsumsi makanan saat merasa stres," sambung Korn.

Menurut Korn, kerutan pada kismis memacu respons relaksasi kimiawi yang disebut parasympathetic dominance. Pada kondisi ini, jantung dan tingkat pernapasan akan melambat dan tingkat dari anti-anxiety neurotransmitter atau GABA meningkat.

Reseptor usus merespons GABA untuk menstabilkan nafsu makan dan meningkatkan perbaikan pencernaan saat Anda mengonsumsi makanan berat atau makanan ringan.

"Saya merekomendasikan kismis karena buah tersebut memiliki rasa dan tekstur yang dinamik," pungkasnya.

Baca juga: Makan Kismis dapat Mengurangi Asupan Kalori pada Anak(ajg/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit