detikhealth

Penglihatan Terganggu, Tak Tahunya Ada Cacing Bersarang di Bola Mata

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Kamis, 21/09/2017 18:43 WIB
Penglihatan Terganggu, Tak Tahunya Ada Cacing Bersarang di Bola MataFoto: thinkstock
Jakarta, Seorang dokter di Meksiko mendapati kasus yang tidak biasa. Seekor cacing hidup dan bersarang di bola mata seorang remaja yang diperiksanya.

Remaja berusia 17 tahun itu awalnya mengalami sakit sejak 3 pekan sebelumnya. Ia juga mengalami gangguan penglohatan di mata kanan, seperti dilaporkan di The New England Journal of Medicine.

"Ia bahkan tidak bisa melihat jari-jari kami," kata Dr Pablo Guzman-Salas yang merawat pasien tersebut, ketika masih menjadi residen spesialis mata di Institute of Ophthalmology di Mexico City.

Dr Pablo ketika itu menunjukkan jari-jarinya dalam jarak hanya 0,3 meter, dan pasien nyaris tidak bisa melihatnya. Pasien remaja ini hanya bisa mendeteksi pergerakan jari-jari itu.

Baca juga: Telur Cacing Parasit Ini Dijual Sebagai Makanan, Berani Coba?

Pemeriksaan menunjukkan kerusakan serius pada mata pasien. Korneanya bengkak dan penuh bercak darah. Beberapa lubang ditemukan pada iris mata karena ada cacing bergerak dengan bebas di bola mata.

Dokter menemukan cacing sepanjang 3 milimeter dengan lebar 1 milimeter. Dikutip dari Livescience, cacing yang teridentifikasi golongan Trematoda tersebut dikeluarkan dalam beberapa potongan.

Pasien tersebut harus menjalani operasi untuk mengangkat lensa, berikut cairan ekstra yang memenuhi bola matanya. Ia juga mendapat obat antiparasit. Hingga 6 bulan kemudian, dilaporkan penglihatan di mata kanannya tidak membaik.

Baca juga: Mengeluh Gatal di Mata, Tak Tahunya Ada Cacing Sepanjang 7 Cm

(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit