detikhealth

Efek Samping Kopi-kopi Terkuat di Dunia, Gelisah hingga Keracunan

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Jumat, 22/09/2017 08:10 WIB
Efek Samping Kopi-kopi Terkuat di Dunia, Gelisah hingga KeracunanSecangkir kopi tubruk saja, bagi yang sensitif bisa bikin berdebar-debar. Bagaimana dengan kopi-kopi terkuat di dunia ya, seperti apa efek sampingnya? Foto: iStock
Jakarta, Kandungan kafein dalam kopi selalu punya efek samping, sehingga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi berlebihan. Kopi-kopi terkuat di dunia membuktikan bahwa kafein dalam kadar tinggi bisa mengancam kesehatan, bahkan berisiko memicu kematian.

Seperti yang terjadi pada Death Wish, salah satu produk kopi yang diklaim paling kuat di dunia. Oleh pembuatnya, produk tersebut baru-baru ini ditarik dari peredaran karena menyimpan risiko penyakit serius.

Produk yang ditarik adalah Nitro Cold Brew kemasan 11-oz. Menurut perusahaan yang membuatnya, kopi tersebut berisiko memicu botulisme. Kondisi yang dipicu oleh racun botulin tersebut bisa memicu dampak serius, bahkan memicu penyakit mematikan.

"Kami minta maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan, tapi kami meyakini ini adalah langkah pencegahan yang tepat untuk dilakukan," kata Mike Brown, pemilik Death Wish Coffee seperti dikutip dari Livescience.

Baca juga: Kopi vs Teh: Mana yang Lebih Sehat dan Kapan Harus Memilih?

Sementara itu, produk kopi lain yang juga diklaim paling kuat di dunia yakni Black Insomnia juga sempat jadi perbincangan. Penciptanya, Sean Kristafor mengaku sudah memberikan peringatan untuk tidak mengonsumsi produk tersebut secara berlebihan, dengan menempelkan label di setiap produk.

Black Insomnia, kopi terkuat di duniaBlack Insomnia, kopi terkuat di dunia Foto: Cape Town

Mary Sweeney peneliti dari Johns Hopkins School of Medicine menuturkan bahwa takaran kafein yang berlebihan bisa berdampak buruk bagi kesehatan mulai dari efek yang ringan hingga berat.

"Misalnya kegelisahan, kegugupan, kegelisahan dan masalah tidur. Efek yang paling serius adalah aritmia jantung (denyut jantung tidak teratur)," ujarnya.

Baca juga: Teh Vs Kopi, Mana Lebih Baik untuk Kesehatan?

Bahayanya, kafein merupakan salah satu hal yang mudah diserap oleh tubuh dan dapat langsung masuk ke dalam aliran darah. Dalam jangka waktu sekitar satu jam, kafein berada di level tertinggi dalam aliran darah yang mana bisa menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi.

Kembali lagi, jika diminum sesuai takaran yang tepat tentu kopi punya manfaat yang menyehatkan. Di antaranya adalah meningkatkan daya ingat, meningkatkan kinerja fisik, serta menjaga fungsi hati. Jadi, pernahkan mengalami efek samping akibat berlebihan minum kopi? Share pengalamanmu di kolom komentar ya.

Baca juga: Kopi Vs Teh, Mana Lebih Sehat? Terkait Efek Samping, Ini Komparasinya

(mrs/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close