detikhealth

Air Rendaman Beras Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

Widiya Wiyanti - detikHealth
Jumat, 22/09/2017 13:40 WIB
Air Rendaman Beras Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan Kulit dan RambutAir rendaman beras ternyata bermanfaat untuk kulit, rambut, dan kesehatan tubuh. Foto: Thinkstock
Jakarta, Saat mencuci atau merendam beras, jangan dibuang air airnya. Kenapa? Di dalam air rendaman beras tersebut terkandung banyak manfaat untuk kesehatan kulit dan rambut.

Dilansir dari Times of India, Jumat (22/9/2017), air yang dihasilkan tersebut adalah hasil fermentasi yang mengandung segudang vitamin dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan.

Cara ini dulunya sering dilakukan oleh para wanita di China, Jepang dan Asia Tenggara sebagai obat mujarab yang ajaib untuk mencuci dan membilas rambut mereka. Inilah beberapa manfaat air beras yang bisa dirasakan:

1. Manfaat untuk kulit

Air beras mengandung senyawa anti-oksidan seperti vitamin C, vitamin A, senyawa fenolik dan flavonoid yang dapat menangkal radikal bebas dari usia, matahari, dan lingkungan.

Air ini bisa digunakan sebagai pembersih wajah atau toner untuk meminimalkan pori-pori dan mengencangkan wajah. Selain itu juga sangat baik untuk menyembuhkan jerawat.

Seiring waktu, dengan menggunakan air beras secara teratur, hiperpigmentasi atau bintik-bintik coklat bisa berkurang, dan air ini bekerja sebaik serum atau krim pemutih kulit yang mahal.

Baca juga: Ini Manfaat Beras Hitam 'Beras Terlarang' untuk Kesehatan

2. Manfaat untuk rambut

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan The International Journal of Cosmetic Science, air beras Jepang yang disebut Yu-Su-Ru memiliki kandungan karbohidrat yang disebut inositol cukup tinggi yang bermanfaat untuk meningkatkan elastisitas rambut.

Dengan membilas rambut dengan air beras ini secara teratur sekali atau dua kali seminggu bisa membuat rambut lebih sehat, berkilau, dan mudah diatur.

3. Manfaat untuk kesehatan menyeluruh

Air rendaman beras yang dididihkan sama bergizinya dengan beras itu sendiri. Budaya meminum air rendaman beras ini dikenal berasal dari Asia dan memiliki manfaat untuk kesehatan yang dapat memanjangkan umur seseorang.

Suatu penelitian dari Lancet yang dikutip dari mnn.com, air beras dapat membantu mencegah dehidrasi dan bisa dijadikan larutan elektrolit. Maka dari itu bisa membantu masalah perut seperti kembung, konstipasi, dan diare.

Baca juga: Beda Jenis Beras, Beda Pula Kandungan Nutrisi Pentingnya

(wdw/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit