detikhealth

Menyapu dan Mengepel di Rumah, Apakah Sama dengan Olahraga?

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Jumat, 22/09/2017 15:05 WIB
Menyapu dan Mengepel di Rumah, Apakah Sama dengan Olahraga?Anggapan bahwa pekerjaan rumah seperti menyapu dan mengepel adalah olahraga masih sering jadi perdebatan. Simak penjelasan beberapa pakar berikut ini. Foto: Ilustrasi/thinkstock
Jakarta, Anggapan bahwa pekerjaan rumah seperti menyapu dan mengepel adalah olahraga masih sering jadi perdebatan. Ada yang setuju, ada pula yang tidak setuju.

Kelompok yang setuju mengatakan menyapu, mengepel dan pekerjaan rumah tangga lainnya tergolong aktivitas fisik ringan dan menengah, karena adanya kalori yang terbakar. Sebuah penelitian dari Amerika Serikat mendukung pernyataan ini, dengan mengatakan melakukan pekerjaan rumah bisa membakar hingga 2.000 kalori per minggu.

Baca juga: Membakar Kalori Tanpa Olahraga? Ini Dia Caranya

Mencuci baju dengan tangan misalnya, diketahui dapat membakar 78 kalori jika dilakukan selama satu jam. Sementara memotong rumput satu jam rata-rata membakar 325 kalori. Ini senada seperti melakukan crossfit selama 20 menit.

Tak hanya itu, menyapu dan mengepel dapat membakar 280 kalori jika dilakukan selama satu jam. Kalori terbakar paling banyak saat berkebun, dalam waktu 20 menit mencabuti rumput, mencangkul, dan menyiram seseorang bisa membakar 213 kalori atau sama dengan 45 menit bersepeda.


Di sisi lain, penelitian dari Irlandia Utara mengatakan melakukan pekerjaan rumah tangga seperti menyapu dan mengepel tidak berdampak signifikan pada penurunan berat badan. Bahkan dalam penelitian yang dilakukan oleh University of Ulster ini menyebut mereka yang mengatakan pekerjaan rumah tangga sebagai olahraga cenderung bertubuh gemuk.

Para peneliti menilai meski membakar kalori, mengepel dan menyapu rumah tidak memberikan manfaat lainnya seperti ketika berolahraga. Yang paling terlihat adalah tidak terjadinya pembakaran lemak saat menyapu dan mengepel, berbeda ketika sedang melakukan olahraga crossfit atau aerobik.

Peneliti menduga mereka yang menganggap pekerjaan rumah tangga sebagai olahraga memiliki gaya hidup yang tidak aktif. Akibatnya meski bergerak saat menyapu dan mengepel, di waktu lainnya mereka terlalu banyak duduk.

Para pakar dari American College of Sports Medicine beranggapan bahwa sah-sah saja melakukan pekerjaan rumah tangga dianggap sebagai olahraga. Dengan catatan, standar aktivitas fisik 150 menit per minggu juga harus terpenuhi.

Bagaimana menurut teman detik? Share pendapat kamu di kolom komentar ya.

Baca juga: Jangan Malas! Ini 5 Manfaat Rajin Bebenah Rumah Bagi Kesehatan Tubuh(mrs/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit