detikhealth

Waspada Jebakan Kalori Usai Olahraga di Car Free Day

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Minggu, 24/09/2017 13:19 WIB
Waspada Jebakan Kalori Usai Olahraga di Car Free DayFoto: Reza/detikHealth
Jakarta, Jebakan kalori mengintai usai berolahraga di Car Free Day. Kalori yang terbakar saat olahraga bisa kembali karena jajanan dan makanan yang tersedia.

Berjalan kaki cepat (brisk walk) selama 30 menit dapat membakar sekitar 300 kalori tubuh. Namun akan sia-sia jika setelahnya Anda makan bubur ayam, yang mengandung sekitar 370 kalori.

Bersepeda merupakan salah satu olahraga yang asyik dilakukan di car free day, dan mampu membakar sekitar 350 kalori. Sayangnya jika Anda makan ketoprak sesudahnya, tubuh akan mendapat kelebihan kalori karena seporsi ketoprak mengandung 600-700 kalori.

Lari di car free day dapat membakar sekitar 375 kalori jika dilakukan selama 30 menit. Nah, upaya Anda akan sia-sia jika sesudahnya makan mie ayam bakso, yang total kalori per porsinya mencapai 400 kalori.

Baca juga: 5 Alasan 'Malas' Jalan Kaki di Jakarta

Meski tidak mengenyangkan, kalori yang ada dalam satu porsi batagor mencapai 265 kalori. Jadi, jangan sampai manfaat olahraga terbuang percuma karena jajanan.

Waspada Jebakan Kalori Usai Olahraga di <I>Car Free Day</I>Foto: iStock


Seporsi cilok memiliki 240 kalori. Untuk membakarnya, Anda butuh minimal jalan kaki sejauh 5 kilometer.

Daripada terjebak jajanan dengan kalori tinggi, lebih baik pilih buah yang juga banyak dijual di area car free day. Mangga misalnya mengandung 65 kalori per buah.

Anggur juga tergolong buah yang rendah kalori, yakni 67 kalori per 100 gram. Manfaat anggur sudah terkenal karena menganddung banyak vitamin dan antioksidan.

Satu lagi buah yang kaya manfaat namun rendah kalori, yakni pepaya. 100 Gram pepaya hanya mengandung 43 kalori.

Waspada Jebakan Kalori Usai Olahraga di <I>Car Free Day</I>Foto: Reza / detikHealth


Baca juga: Kring kring! Serunya Sepedaan di Car Free Day Jakarta

(mrs/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit