detikhealth

Ingin Tetap Langsing? Ahli Gizi Sarankan Ngemil Kacang Saja

Suherni Sulaeman - detikHealth
Senin, 25/09/2017 20:05 WIB
Ingin Tetap Langsing? Ahli Gizi Sarankan Ngemil Kacang SajaKudapan kacang-kacangan merupakan sumber lemak yang baik. (Foto: iStock)
Jakarta, Ingin mengurangi angka timbangan? Pasti jawabannya ya. Anda tidak perlu susah-susah, peneliti mengatakan makan kacang-kacangan seperti kacang almond, hazelnut, pistachio, kenari dapat membantu mengurangi berat badan dan juga menurunkan risiko kelebihan berat badan atau obesitas lho.

Studi menunjukkan bahwa orang-orang yang makan kacang-kacangan tidak hanya menurunkan berat badan, tetapi sekitar lima persen dapat menurunkan risiko kelebihan berat badan alias obesitas.

Memang secara historis banyak orang berasumsi bahwa kacang merupakan makanan tinggi lemak dan bukanlah pilihan tepat bagi individu yang ingin menurunkan berat badan. Akan tetapi, rupanya asumsi tersebut bertentangan dengan temuan ini, itu hanya mitos.

Baca juga: Kebiasaan Mudah Ini Bisa Pangkas Risiko Obesitas

"Studi ini menegaskan bahwa kacang bukan makanan obesogenik," kata Joan Sabate, direktur di Loma Linda University di California, AS dalam makalah yang diterbitkan dalam European Journal of Nutrition, seperti dikutip dari Indian Express.

Pasalnya bila diteliti lebih lanjut, kacang merupakan sumber energi, lemak, protein, vitamin, mineral, dan phytochemicals yang kaya. Tidak hanya itu, kacang-kacangan juga dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan, termasuk mencegah penuaan dan meningkatkan fungsi memori otak pada usia produktif.

"Masukkan menu kacang saat makan. Letakkan kacang di tengah piring Anda untuk menggantikan produk hewani. Kacang sangat mengenyangkan," ujar Sabate.

Untuk penelitian ini, tim mengevaluasi data diet dan gaya hidup lebih dari 373.000 individu dari 10 negara Eropa yang berusia antara 25 dan 70 tahun.

Baca juga: Waduh, Risiko Akibat Obesitas Bisa Dialami Mereka yang Tak Gemuk(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit