detikhealth

Alami Komplikasi Langka, Wanita Ini Nyaris Tewas Usai Sedot Lemak

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Selasa, 26/09/2017 07:41 WIB
Alami Komplikasi Langka, Wanita Ini Nyaris Tewas Usai Sedot LemakFoto: thinkstock
Jakarta, Seorang perempuan di Inggris mengalami komplikasi langka usai menjalani prosedur liposuction atau sedot lemak. Nyawanya nyaris melayang karena pembuluh darahnya tersumbat.

Perempuan berusia 45 tahun ini mengalami fat embolism syndrome. Ini adalah komplikasi langka tetapi sangat berbahaya, dan bisa terjadi setelah operasi.

Dalam sebuah laporan di BMJ Case Reports, disebutkan bahwa embolisme lemak yang dialami pasien ini terjadi karena ada lemak masuk ke pembuluh darah. Sumbatan yang terjadi menyebabkan aliran darah terhambat.

Buruknya, kondisi ini sulit didiagnosis dan gejalanya seringkali baru muncul 24-72 jam setelah kejadian. Padahal jika tidak tertangani, bisa memicu radang di seluruh tubuh yang memicu kegagalan fungsi organ.

Dalam kasus ini, perempuan tersebut menjalani sedot lemak di bagian lutut dan kaki bagian bawah. Tujuannya untuk mengurangi gumpalan lemak di bagian tersebut, agar lebih mudah berjalan.

Baca juga: Memahami Sedot Lemak di Ketiak Seperti Dilakukan Chrissy Teigen

Operasinya sendiri berjalan lancar. Namun dalam 40 jam kemudian, dokter mendapati jantung pasien berdebar-debar. Pernapasannya melambat sehingga terjadi penumpukan karbon dioksida (CO2) di darahnya.

Pasien langsung dibawa ke ruang perawatan intensif dan menjalani pemeriksaan untuk memastikan apa yang salah. Selama 12 hari, pasien dirawat di sana. Ia menggunakan ventilator selama 8 hari pertama untuk membantu pernapasannya, dan kini dikabarkan telah pulih.

"Saat ini tidak ada standar emas atau kriteria diagnostik yang tervalidasi untuk fat embolism syndrome," tulis para peneliti dalam laporan tersebut, seperti dikutip dari Livescience.

Baca juga: Video: A-Z tentang Sedot Lemak Bersama Tompi

(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit