detikhealth

Artikel 18+

Perilaku Seks Seperti Ini Tingkatkan Risiko Infeksi Saluran Kemih

Suherni Sulaeman - detikHealth
Selasa, 26/09/2017 19:35 WIB
Perilaku Seks Seperti Ini Tingkatkan Risiko Infeksi Saluran KemihPerilaku seks bisa mempengaruhi infeksi saluran kemih/Foto: Thinkstock
Jakarta, Seseorang yang aktif secara seksual memiliki risiko terkena infeksi saluran kemih, apalagi bagi mereka yang baru saja menikah. Namun jika melihat dari jenis kelamin, wanita lebih rentan terinfeksi saluran kemih.

Urolog dari RS Mayapada Lebak Bulus, dr Akbari Wahyudi Kusumah, SpU atau yang akrab disapa dr Akbari, mengatakan bahwa yang perlu diwaspadai adalah pada waktu berhubungan seks sangat dianjurkan vagina harus dalam keadaan basah.

"Kalau vagina tidak basah harus disiapkan jelly atau minyak supaya mempermudah penetrasi penis ke dalam vagina," kata dr Akbari dalam video Bincang Sehat.

Baca juga: Apa Sih Bedanya Infeksi Saluran Kemih dengan Anyang-anyangan?

"Akibatnya kalau vagina kering, itu terjadi lecet dan luka yang memudahkan kuman masuk ke kantung kencing," lanjutnya lagi.

Menurut dr Akbari, menahan kencing terlalu lama lebih dari 30 menit juga mempengaruhi infeksi saluran kemih karena menyebabkan otot-otot pada kantung kemih menjadi keram ditambah air kencing yang tertahan di dalam akan mudah ditumbuhi kuman.

"Menahan kencing dengan infeksi saluran kemih itu adalah sebab akibat. Akibatnya mudah sekali menjadi infeksi saluran kemih," terang dr Akbari.

Baca juga: Suka Tahan Kencing Saat Mudik, Waspada Infeksi Saluran Kemih

Selengkapnya penjelasan dr Akbari tentang pengaruh perilaku seks terhadap infeksi saluran kemih, bisa disimak dalam video Bincang Sehat berikut ini.

(hrn/up)


 
Foto Terkait

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit