detikhealth

Sering Migrain? Masalahnya Bisa Jadi Ada di Rahang Anda

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Selasa, 26/09/2017 19:45 WIB
Sering Migrain? Masalahnya Bisa Jadi Ada di Rahang AndaPenyebab migrain bisa dikaitkan dengan masalah rahang/Foto: iStock
Jakarta, Sering migrain tanpa penyebab yang jelas? Pakar menyebut bisa jadi akar masalahnya ada di rahang Anda.

Lidiane Florencio, peneliti dari Ribeirao Preto School of Medicine, University Sao Paulo, Brazil, mengatakan salah satu penyebab migrain yang sering terlupakan adalah gangguan temporomandibular (TMD) pada rahang.

Baca juga: 10 Fakta Mengejutkan Tentang Migrain

"Penelitian kami membuktikan bahwa pada pasien migrain kronis dengan frekuensi serangan lebih dari 15 kali per bulan, berpeluang 3 kali lipat lebih besar mengalami TMD," ungkap Florencio, dikutip dari EurekAleret!

Temporomandibular adalah sendi yang menghubungkan tulang rahang dengan tengkorak kepala. TMD sendiri bisa disebabkan karena berbagai hal, mulai dari bawaan lahir, kebiasaan makan dan mengunyah yang buruk serta trauma pada rahang.

Penelitian ini dilakukan kepada 85 partisipan yang semuanya mengidap migrain. Hasil penelitian menyebut TMD ditemukan pada 80 persen pasien migrain biasa dan 100 persen pasien migrain kronis.

Melalui penelitian ini, Lidiane menyarankan agar pasien migrain kronis juga diperiksa rahangnya. Jika keluhan TMD bisa ditangani, maka risiko migrain akan kambuh akan turun dengan sendirinya.

"TMD bisa memperparah kondisi migrain pasien, di mana pasien TMD akan mengalami nyeri kepala yang lebih hebat," tutupnya.

Baca juga: Migrain Disertai Vertigo, Tanya Penyakit Apa?(mrs/up)


 
Foto Terkait

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit