detikhealth

Setahun Jalankan Diet Kentang, Pria Ini Sukses Turunkan Bobot 53 Kg

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Rabu, 27/09/2017 16:51 WIB
Setahun Jalankan Diet Kentang, Pria Ini Sukses Turunkan Bobot 53 KgAndrew Flinders Taylor
Jakarta, Demi mengatasi kegemukan, apapun caranya memang harus dicoba. Seperti yang dilakukan pria di Australia ini, yang mencoba hanya makan kentang selama setahun. Hasilnya?

Dalam sebuah video baru-baru ini, pria bernama Andrew Flinders Taylor tersebut membuktikan keampuhan diet kentang yang dijalankannya setahun terakhir. Berat badannya turun 53,07 kg, dari sekitar 151,5 kg di awal diet yang disebutnya sebagai Spud Fit Challenge tersebut.

Namun diet yang sehat tentu saja bukan hanya soal berat badan, melainkan juga asupan nutrisi yang seimbang. Ketika Taylor hanya mengonsumsi kentang, bagaimana ia mencukupi kebutuhan protein dan yang lainnya?

Menurut Taylor, ia tetap menambahkan perasa pada kentang yang dikonsumsinya. Biasanya ia menambahkan saus barbekyu atau cabai, dan kadang-kadang serbuk sayuran kering. Selebihnya, ia hanya minum air putih.

Karena tidak mengonsumsi makanan lain sama sekali, Taylor menyadari dirinya kekurangan asupan nutrisi lain. Oleh karenanya, ia mengaku minum suplemen. Antara lain vitamin B12.

Soal olahraga, Taylor mengaku tidak olahraga di awal-awal diet dan tetap mengalami penurunan berat badan. Namun setelah sekitar sebulan, ia mulai beradaptasi dan memasukkan jadwal olahraga rutin selama 90 menit sehari.

Baca juga: Tak Secantik Namanya, Sleeping Beauty Diet Justru Dianggap Berbahaya

Lalu apakah benar-benar Taylor berhasil menurunkan berat badan hanya karena makan kentang? Menurut seorang pakar gizi, sebenarnya diet kentang tidak 'sehebat' yang dibayangkan.

"Diet apapun yang membuat Anda kekurangan kalori akan membantu menurunkan berat badan," kata pakar diet Dr Spencer Nadolsky, dikutip dari MensHealth.

Menurut Dr Nadolsky, seseorang bisa makan apa saja dan tetap mengalami penurunan berat badan selama asupan kalorinya lebih sedikit dari yang dikonsumsi. Namun hanya karena bisa menurunkan berat badan, tidak bisa begitu saja dikatakan sehat. Kebutuhan nutrisi yang seimbang tetap harus diperhatikan.

Baca juga: Tren Diet Keto Ternyata Dipakai Juga Oleh Selebriti Lho

(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit