detikhealth

Dokter Jantung Sebut Tak Ada yang Aneh dengan Infus Setya Novanto

Suherni Sulaeman - detikHealth
Kamis, 28/09/2017 15:07 WIB
Dokter Jantung Sebut Tak Ada yang Aneh dengan Infus Setya NovantoDokter tegaskan bahwa posisi infus di tangan Setya Novanto tidak ada yang aneh. Foto: Dok. Istimewa
Jakarta, Jelinya mata netizen melihat adanya kejanggalan-kejanggalan dalam foto Setya Novanto yang terbaring lemah di Rumah Sakit Premier Jakarta. Para netizen menganggap aneh dengan jarum suntik infus yang terpasang di tangan tersangka kasus e-KTP tersebut.

Menanggapi hal tersebut, ahli jantung dari RS Mayapada Lebakbulus, dr Ayuthia Putri Sedyawan, B.Med.Sc, SpJP, FIHA malah melihat tidak ada hal yang aneh dengan posisi infus Setnov.

"Pasang infus enggak harus di punggung tangan, bisa di mana-mana. Bisa di brachial, bisa di radialis, di pembuluh darah-pembuluh darah," ujarnya kepada detikHealth, Kamis (29/9/2017).

Baca juga: Mungkin Ini Sebabnya Setya Novanto Pakai Sungkup untuk Sleep Apnea

dr Ayuthia menjelaskan bahwa pemasangan infus diletakkan pada pembuluh darah yang areanya cukup besar dan mudah ditusuk dengan jarum. Kondisi ini berbeda-beda pada setiap orang.

"Jadi tergantung, ada orang yang sama sekali tangannya enggak bisa, dipasang infusnya di dekat leher. Jadi tergantung kondisi, mungkin pembuluh darahnya sudah pecah," tegasnya.

Baca juga: Soal Monitor EKG Setya Novanto yang 'Flat', Ini Komentar Dokter Jantung


(wdw/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit