detikhealth

Terpopuler Pekan Ini

Heboh Foto Setya Novanto, Korban Pil X dan PCC Berjatuhan

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Sabtu, 30/09/2017 08:03 WIB
Heboh Foto Setya Novanto, Korban Pil X dan PCC BerjatuhanFoto: Kiagus/detikcom
Jakarta, Berbagai ulasan terkait kesehatan mendominasi most popular detikHealth pekan ini. Mulai dari heboh foto Setya Novanto, kehidupan seksual bos Playboy Hugh Hefner, hingga korban pil X dan PCC yang masih berjatuhan.

Foto sakit Setya Novanto paling banyak mendapat perhatian pembaca karena dinilai banyak mengandung 'kejanggalan'. Terlepas dari kasus hukum yang menjerat Novanto, kontroversi seputar foto tersebut membuat banyak orang jadi kenal alat-alat medis yang dipakai di rumah sakit.

Misalnya Elektrokardiogram (EKG) yang dalam foto tersebut menampilkan grafik yang flat. Normalnya jika alat tersebut terpasang di tubuh pasien, maka grafiknya akan kelihatan naik turun menggambarkan variasi denyut nadi. Namun alat tersebut memang tidak selalu harus terpasang jika pasien dalam kondisi stabil.

Baca juga: Heboh EKG Setya Novanto Grafiknya 'Flat', Artinya Apa Sih?

Alat yang juga tidak banyak dikenal orang sebelumnya adalah sungkup CPAP (Continuous Positive Airway Pressure), alat yang biasa dipakai untuk mengatasi sleep apnea atau henti napas saat tidur. Banyak yang menyangkanya sebagai sungkup oksigen. Menurut dokter, pasien jantung memang cenderung punya masalah dengan kesehatan tidur.

Foto: Kiagus/detikcom


Dari belahan bumi yang lain, pendiri Playboy Hugh Hefner meninggal dunia di usia 91 tahun. Disebutkan, pria yang semasa hidupnya punya ribuan pasangan seks ini meninggal karena sebab alami karena usia yang memang sudah sangat lanjut. Berbagai fakta unik seputar kehidupan seksualnya, kembali muncul dan menjadi perbincangan.

Baca juga: Bisa Sampai Umur 91 Tahun, Begini Pola Makan Bos Playboy Hugh Hefner

Heboh Foto Setya Novanto, Korban Pil X dan PCC BerjatuhanFoto: Reuters/Stringer


Sementara dari Tasikmalaya, 12 anak menjadi korban Pil X yang oleh Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Bandung disebut sebagai Excimer (chlorpromazine). Obat antipsikotik ini memang sering disalahgunakan, dan punya efek merusak bagi kesehatan. Kejadian ini memperpanjang deretan kasus peredaran obat ilegal berbahaya setelah sebelumnya Kendari dihebohkan dengan Pil PCC (paracetamol, caffeine, dan carisoprodol).

Razia Pil PCC, Petugas Tutup Apotek Ilegal di GarutRazia Pil PCC, Petugas Tutup Apotek Ilegal di Garut Foto: Hakim Ghani


Baca juga: Membandingkan Pengaruh Pil X dan Obat PCC Ilegal yang Meresahkan

(up/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit