detikhealth

Mengenal Perikarditis, Infeksi yang Menyerang Bek Real Madrid Dani Carvajal

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Senin, 02/10/2017 12:35 WIB
Mengenal Perikarditis, Infeksi yang Menyerang Bek Real Madrid Dani CarvajalBek Real Madrid, Dani Carvajal, terpaksa diistirahatkan karena mengalami infeksi virus perikardium. Foto: Manuel Queimadelos Alonso/Getty Images
Jakarta, Salah satu bek dari klub papan atas Real Madrid, yakni Dani Carvajal, telah dinyatakan secara resmi harus menjalani istirahat karena infeksi perikardium yang ia alami. Mengingat kariernya yang sangat cemerlang, orang-orang menjadi mempertanyakan bagaimana kelanjutan kehidupannya sebagai pemain sepakbola.

Infeksi perikardium yang biasa disebut sebagai perikarditis adalah peradangan yang terjadi pada kardium (selaput jantung) karena adanya serangan virus. Menurut keterangan dari dr Ayuthia Putri Sedyawan, BMedSc, SpJP, FIHA dari Mayapada Hospital Lebak Bulus, infeksi ini bisa menyerang siapa saja dan kapan saja.

"Bisa tua, bisa muda, siapa saja. Gejala awalnya adalah nyeri dada yang hebat secara tiba-tiba," terangnya kepada detikHealth melalui saluran telepon, Senin (2/10/2017).

Baca juga: Dani Carvajal Alami Masalah Jantung
Mengenal Perikarditis, Infeksi yang Menyerang Bek Real Madrid Dani CarvajalFoto: Alex Caparros/Getty Images

Dari segi penyembuhan, menurut dokter yang akrab di sapa dr Ayu ini tergantung dari seberapa parah peradangan yang terjadi. Semakin awal tertangani, maka akan semakin mudah diobati.

"Nantikan kita kasih obat dulu untuk mengurangi anti inflamasinya. Kalau yang akut biasanya akan lebih cepat sembuh," terangnya.

Apabila seseorang terkena infeksi pada perikardium, maka ia harus menjalani istirahat total selama beberapa bulan. Kegiatan olahraga pun untuk sementara sebaiknya dihentikan hingga adanya perkembangan dari penyembuhan peradangan tersebut.

Baca juga: Pericarditis(ajg/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit