detikhealth

Kena Infeksi Perikardium, Berapa Lama Dani Carvajal Absen di Real Madrid?

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Senin, 02/10/2017 17:06 WIB
Kena Infeksi Perikardium, Berapa Lama Dani Carvajal Absen di Real Madrid?Dani Carvajal terkena infeksi pada perikardiumnya sehingga butuh istirahat dari laga Real Madrid. Foto: Alex Caparros/Getty Images
Jakarta, Fans Real Madrid mulai harap-harap cemas dengan kondisi salah satu pemain yang telah mencetak dua assist dalam 11 penampilannya di musim ini. Pasalnya Carvajal harus absen dari beberapa laga yang ada karena terkena infeksi perikardium.

Pihak manajemen dari klub tersebut pun belum bisa memastikan kapan ia kapan kembali tampil karena harus melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk lama pengobatannya.

Infeksi atau peradangan perikardium sendiri biasa disebut dengan perikarditis. Perikarditis merupakan peradangan yang terjadi di area lapisan jantung (perikardium) dengan ciri nyeri dada hebat secara tiba-tiba. Penyakit ini terjadi salah satunya karena serangan virus.

Untuk segi pengobatan hingga sampai sembuh total, mengutip perbincangan dr Ayuthia Putri Sedyawan, BMedSc, SpJP, FIHA dari Mayapada Hospital Lebak Bulus kepada detikHealth, semua tergantung dari seberapa parah infeksi yang dialami tiap pasien.

Baca juga: Dani Carvajal Alami Masalah Jantung

"Tapi kalau berdasarkan aturan dari, European Society of Cardiology (ESC) seorang atlet harus menjalani istirahat selama at least tiga bulan, karena kerja jantungnya kan lebih berat," terang dr Ayu.

Jika seseorang mengalami infeksi perikardium, penanganannya bisa bermacam-macam tergantung dari tingkat keparahannya. Mungkin saja pasien harus menjalani perawatan di rumah sakit jika keadaannya mengharuskan demikian.

Keadaan-keadaan tersebut menurut dr Ayu adalah apabila pasien mengalami demam 38 derajat celsius, diikuti dengan tensi yang turun serta adanya cairan pada jantung yang lebih dari 20 ml.

"Kita lihat EKG-nya (Elektrokardiogram), echonya bagaimana. Engga semuanya harus dirawat, tergantung dari kondisinya," pungkasnya.

Baca juga: Mirip Serangan Jantung, Ini Bedanya Infeksi Perikardium yang Menyerang Dani Carvajal(ajg/fds)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit