detikhealth

Konsultasi Seksologi

Artikel 18+

Haruskah Durasi Bercinta Berlangsung Lama?

Senin, 02/10/2017 18:35 WIB
Haruskah Durasi Bercinta Berlangsung Lama?Pada akhirnya durasi bercinta yang 'normal' akan berbeda untuk tiap pasangan. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Dokter, saya dan istri kadang suka bingung. Karena kami baru beberapa bulan menikah, haruskah ketika berhubungan intim durasinya lama? Misal harus 30 menit baru berhenti. Padahal kami berdua kadang hanya tembus waktu terlama 10 menit saja. Itu pun rasanya sudah capek dan ngos-ngosan. Mohon pencerahannya Dok. Terimakasih.

E (Laki-laki, 26 tahun)

Jawaban

Dalam hubungan intim yang penting bukan durasinya (lamanya) tapi tercapai orgasme oleh Anda dan istri. Orgasme adalah puncak kenikmatan di mana keluar hormon endorphin dalam tubuh yang meningkatkan imunitas (daya tahan tubuh) dan merelaksasi tubuh. Juga jauh lebih penting daripada durasi, adalah melakukan foreplay yang cukup menjelang bercinta. Kesimpulannya: durasi boleh 5 menit, 10 menit, 30 menit dst, yang penting orgasme tercapai oleh Anda dan istri.

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Jakarta.(hrn/fds)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit