detikhealth

Konsultasi Kulit dan Kelamin

Apakah Plester Cina Baik Digunakan untuk Mata Ikan?

Selasa, 03/10/2017 11:33 WIB
Apakah Plester Cina Baik Digunakan untuk Mata Ikan?Penggunaan plester cina pada mata ikan/Foto: Thinkstock
Akhir-akhir ini saya sulit berjalan dan melihat ke kaki saya, pada awalnya saya pikir itu adalah kapalan, tapi kok sakit. Setelah saya cari tahu ternyata itu adalah mata ikan. Hal ini membuat saya risih, karena jalan jadi tidak enak.

Saya coba cari solusinya di internet dan mendapatkan operasi serta penggunaan plester cina sebagai solusi. Saya trauma akan operasi, dan saya berfikir bahwa plester cina lebih baik. Namun saya takut Dok, apakah plester cina dipakai untuk mata ikan menimbulkan efek samping?

Saya juga coba cari tau review dari orang-orang tentang plester cina. Mereka memberikan jawaban yang berbeda bagaimana caranya si intinya tercabut, saya jadi makin bingung. Apakah Dokter pernah mendengar soal plester cina? Terimakasih Dokter.

Christy (Perempuan, 21 tahun)

Jawaban

Salam kenal Christy,

Mata ikan merupakan penebalan kulit pada satu titik sehingga menumpuk membentuk kerucut yang menekan ke dalam sehingga sakit saat dipakai berjalan. Untuk menghilangkan mata ikan sebaiknya ke dokter ya. Mata ikan dapat dihilangkan dengan operasi kecil dengan cara mengerok atau membakar/cauter mata ikan sampai ke dasarnya.

Selain itu dokter akan mencari penyebabnya sehingga mata ikan tidak terbentuk lagi. Caranya misalnya dengan cara mengatur posisi berdiri atau cara memakai sepatu. Intinya agar tidak ada tekanan besar pada satu titik.

Penggunaan plester cina, di bidang medis bukan salah satu solusi mengatasi mata ikan. Plester cina umumnya mengandung asam salisilat yang bersifat keratolitik atau mengangkat sel kulit yang menebal. Penggunaan plester cina ditempelkan berkali-kali sampai beberapa lapisan kulit terangkat.

Namun pengggunaan asam salisilat sembarangan takutnya ada kesalahan pemakaian. Bahan ini dapat menimbulkan iritasi, dan luka yang beresiko infeksi karena kemasukan kuman. Jadi kami sarankan, lebih baik melakukan tindkan ke dokter spesialis kulit. Semoga bisa membantu.

dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK
DNI Skin Centre
Jalan Raya Puputan 70, Renon, Denpasar-Bali
Instagram @darma181
www.skincentrebali.com(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit