detikhealth

Artikel 18+

Impotensi Akibat Diabetes Bisa Diatasi dengan Cara Ini

Suherni Sulaeman - detikHealth
Selasa, 03/10/2017 18:37 WIB
Impotensi Akibat Diabetes Bisa Diatasi dengan Cara IniDisfungsi ereksi ini biasanya kerap dialami pria yang mengidap diabetes. Namun, untuk mengatasinya butuh waktu yang cukup lama. Foto: thinkstock
Jakarta, Disfungsi ereksi atau yang lebih akrab dikenal impotensi, adalah ketidakmampuan Mr P dalam mencapai kepuasan orgasme ketika berhubungan seks. Nah, disfungsi ereksi ini biasanya kerap terjadi pada pria yang mengidap diabetes.

Menurut dr Benjamin Sastro, SpPD, dokter spesialis penyakit dalam dari Mayapada Hospital Tangerang, menyebutkan bahwa masalah gangguan ereksi akibat diabetes tidak lantas bisa disembuhkan begitu saja. Perlu waktu yang tidak sebentar agar pria kembali 'perkasa' di ranjang.

"Sebenarnya disfungsi ereksi terjadi pada pasien diabet itu membutuhkan waktu lama. Itu salah satu komplikasi dari diabet. Komplikasi diabetes tidak serta merta sehari dua hari, sebulan dua bulan, terus dia timbul," tutur dr Ben dalam video Bincang Sehat.

Baca juga: Mengenal Diabetes, Penyakit yang Diidap 'Bang Napi' Sebelum Meninggal

dr Ben mengatakan, untuk menekan komplikasi dari diabetes tersebut yang paling utama adalah menjaga kestabilan kadar gula dalam darah. Apabila murni mengalami impoten, bisa dibantu dengan mengonsumsi obat-obatan dengan syarat orang yang mengidap diabetes tersebut tidak memiliki riwayat penyakit tertentu.

"Mengonsumsi obat itu tentu ada efek samping. Harus kita pastikan dulu, ada syarat-syaratnya mengonsumsi obat itu. Salah satunya misal tekanan darah tinggi itu tidak dianjurkan," tegas dr Ben.

Baca juga: Pria yang Mengidap Diabetes Berisiko Disfungsi Ereksi

Penting juga untuk dicatat, diabetes bisa menyerang siapa saja tanpa pandang usia. Data organisasi kesehatan dunia (WHO) menyebut 8,5 persen orang dewasa usia 18 tahun ke atas adalah pengidap diabetes. Arie Hendrosaputro, atau dikenal sebagai 'Bang Napi' dalam sebuah acara TV, yang meninggal hari ini disebut-sebut juga seorang pengidap diabetes.

Lebih detail soal disfungsi ereksi akibat diabetes, bisa simak video berikut ini:


(hrn/up)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit